Kompas.com - 07/02/2013, 18:11 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

AMBON, KOMPAS.com - Empat warga Desa Hulaliu, Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, yakni AM (64) PM (39) AN (59) dan AM (32), Kamis (7/2/2013) menyerahkan diri di Mapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, setelah diketahui terlibat menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak.

Keempat warga ini datang di Mapolres Pulau Ambon sekira pukul 13.30 Wit, dan langsung diperiksa aparat kepolisian. Kepala Polres Pulau Ambon, AKBP Suharwiyono di Mapolres Ambon, Kamis (7/2/2013) sore menjelaskan, keempat warga pada hari Senin (5/2/2013), mencari ikan di sekitar kawasan Pantai Desa Kulur dengan menggunakan bahan peledak.

Saat berada di kawasan itu, ada sejumlah warga dan seorang oknum anggota TNI juga di sana. Entah apa sebabnya, salah satu dari ke empat warga ini lalu melempar bom. "Keempat warga ini lalu lari ke hutan, setelah itu mereka lalu menyerahkan diri ke Mapolres Ambon," kata Kepala Polres.

Suharwiyono mengatakan, saat menyerahkan diri ke Mapolres, keempat warga ini didampingi pihak keluarga dan pengacara mereka. Kapolres mengungkapkan, kedatangan keempat warga untuk menyerahkan diri karena mereka mengaku bertanggung jawab atas perbuatan yang melanggar aturan undang-undang.

Sumber Kompas.com, menyebutkan, keempat warga ini terpaksa menyerahkan diri karena sempat bersitegang dengan salah satu oknum anggota TNI saat berada di pantai. Oknum anggota TNI dan sejumlah warga saat itu juga hendak menangkap ikan dengan bahan peledak . "Saat hendak balik ke desanya, mesin perahu yang digunakan mengalami gangguan, mereka lalu dikejar oleh oknum anggota TNI, merasa terancam, empat warga ini lalu melempari bom. Setelah itu mereka kabur ke hutan," kata sumber itu.

Sumber itu juga menyebutkan pascainsiden itu, keempat warga ini takut kembali ke rumah, karena ada informasi rumah mereka telah diobrak-abrik oknum anggota TNI. Mereka lalu menyerahkan diri ke Mapolres Pulau Ambon. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.