Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Sail Komodo 2013 untuk Tingkatkan Kemakmuran

Kompas.com - 04/02/2013, 03:21 WIB

Labuan Bajo, Kompas - Sail Komodo 2013 yang akan diselenggarakan 17 September 2013 bukan sekadar perlombaan kapal tahunan, melainkan juga menjadi wahana percepatan pembangunan daerah tertinggal. Melalui kegiatan ini masyarakat di sekitar Taman Nasional Komodo diharapkan bisa meningkat kemakmurannya serta bisa ikut melestarikan kekayaan alam dan budaya setempat.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan hal itu seusai rapat koordinasi persiapan Sail Komodo 2013, Minggu (3/2), di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). ”Potensi komodo ini jangan hanya dinikmati wisatawan asing. Masyarakat setempat juga harus bisa menikmati hasilnya dan menjadi sejahtera,” ujarnya.

Salah satu cara agar masyarakat setempat bisa ikut sejahtera, menurut Camat Komodo Abdullah Nur, antara lain, dengan mendorong keterampilan kerajinan tangan seperti patung komodo dan kain tenun songket Manggarai. Hanya saja, keterampilan masyarakat setempat belum selihai masyarakat daerah lain karena pelatihannya belum optimal.

Agung berharap dengan mendorong bidang pariwisata, terutama komodo di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, perekonomian di wilayah NTT ikut meningkat dan tidak lagi menjadi salah satu provinsi tertinggal. Sail Komodo 2013 hanyalah pemicu bagi daerah setempat untuk mulai mengembangkan potensinya.

Pemerintah telah menyelenggarakan lomba kapal ini sejak 2009 yang dimulai di Bunaken. Tahun berikutnya diselenggarakan di Banda (2010), Wakatobi Belitong (2011), dan Morotai (2012). Dari hasil evaluasi di keempat daerah tersebut, Agung menilai hasilnya efektif meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Oleh karena sudah empat kali terselenggara, Sail Komodo 2013 diyakini akan berjalan baik. Dari segi infrastruktur, NTT khususnya Labuan Bajo dan sekitarnya dinilai lebih siap. Yang perlu ditingkatkan, antara lain, jaringan jalan dan penambahan panjang landas pacu Bandara Komodo.

Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dulla berharap Sail Komodo 2013 bisa sukses karena daerahnya membutuhkan promosi yang gencar. (LUK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com