Kompas.com - 04/02/2013, 00:25 WIB
|
EditorBenny N Joewono

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Kandang ternak kelompok untuk korban erupsi Merapi dibangun terlalu jauh dari hunian tetap (huntap). Jauhnya letak kandang ternak tersebut membuat hewan ternak Sapi milik warga rawan terhadap aksi pencurian.

Mengantisipasi aksi pencurian hewan ternak, beberapa warga yang tergabung dalam kelompok ternakpun harus rela menginap di kandang secara bergiliran.

Salah satu warga yang menempati Huntap Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Ramiya (54) mengatakan, semua anggota ternak akan mendapat giliran tidur dikandang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

"Kita giatkan ronda setiap malam dan dua orang menginap di kandang. Kondisi kandang yang jauh dan sepi jelas membuat kita kawatir," kata Ramiya, Minggu (3/2/2013).

Ia berharap ada kepedulian dari pemerintah dalam mengawasi hewan ternak. Setidaknya hal itu bisa membuat kelompok-kelompok peternak merasa aman. Ditempat berbeda Kapolsek Cangkringan, AKP Surahman mengatakan, pihaknya akan meningkatkan kegiatan patroli ternak terpadu untuk mengawasi hewan ternak.

"Saat ini ada 4 anggota Babinkamtibmas, kita sedang usulkan ke Polres Sleman untuk menambah petugas menjadi 5 orang ," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.