Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri: Pilkada Papua Berlangsung Lancar

Kompas.com - 29/01/2013, 14:56 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Polri Jenderal Timur Pradopo mengatakan, pelaksanaan Pilkada di Papua, hingga siang ini, Selasa (29/1/2013) berlangsung lancar, Polda Papua bersama TNI telah dikerahkan di beberapa titik rawan gangguan keamanan di Papua.

"Alhamdulillah, semua berjalan (lancar). Mudah-mudahan hal-hal yang dikhawatirkan bisa kita eliminir supaya tidak jadi permasalahan," ujar Timur di sela-sela Rapat Pimpinan Polri 2013 di STIK, Jakarta Selatan, Selasa (29/1/2013).

Seperti yang telah diberitakan, hari ini, enam kandidat gubernur dan Wakil Gubernur memperebutkan suara rakyat Papua. Kapolri berharap, Pilkada Papua yang sempat beberapa kali tertunda karena rusuh itu, dapat berlangsung aman hingga selesai. "Artinya ini masih berjalan dinamika ini. Tapi sampai saat ini aman," ujar Timur.

Pilkada Papua sudah tertunda hampir dua tahun. Sebab, menjelang pesta demokrasi itu, bentrok atau kerusuhan kerap terjadi di Papua. Bentrok pun memakan korban jiwa.

Dalam catatan Kompas.com, ada dua wilayah di Papua yang sempat dirundung persoalan pilkada, yaitu Kabupaten Tolikara dan Kabupaten Puncak. Dua kubu pendukung kandidat Bupati Tolikara terlibat bentrok. Demikian juga dua kubu bakal calon bupati di Kabupaten Puncak juga bentrok. Hingga kini tercatat bentrok telah menewaskan 55 orang warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com