Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khofifah Didorong Gandeng Tokoh Madura

Kompas.com - 27/01/2013, 17:40 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Khofifah Indar Parawansa dinilai mampu menandingi kekuatan politik pasangan petahana dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Jawa Timur, Soekarwo dan Saifullah Yusuf.

Khofifah didorong menggandeng tokoh Madura agar kekuatannya semakin lengkap. Hasil analisis Surabaya Survey Centre (SSC), dari beberapa nama tokoh Madura yang muncul, Said Abdullah yang paling layak menjadi pendamping Ketua Umum Muslimat NU itu.

''Jika Khofifah-Said Abdullah, saya yakin akan mampu menandingi, bahkan mengalahkan, Soekarwo-Saifullah Yusuf,'' kata Direktur SSC Mochtar W Oetomo, Minggu (27/1/2013).

Dari latar belakang partai, keduanya juga memiliki kekuatan yang cukup efektif jika bertarung di wilayah Jatim. Khofifah dipastikan akan didukung PKB, sementara Said Abdullah akan didukung PDI-P. Dari segi popularitas, masyarakat Jatim masih memiliki memori kuat dari Khofifah, dia adalah pesaing kuat Soekarwo-Saifullah Yusuf pada 2008.

Said Abdullah memiliki jaringan kuat karena merupakan anggota DPR dari PDI-P serta pengusaha media dan tokoh masyarakat di Madura. ''Jangan lupa, masyarakat Madura di Jatim menyebar merata di 38 kabupaten/kota,'' tutur Mochtar.

Khofifah juga bukan nama asing bagi warga Madura. Pada 2008, dia kalah pada Pilkada Jatim ulang putaran ketiga yang hanya diselenggarakan di empat kabupaten di Madura menyusul kasus daftar pemilih tetap (DPT). Sementara itu, meski Soekarwo-Saifullah Yusuf hampir pasti menjadi pasangan petahana pada Pilkada Jatim, Agustus nanti, sampai saat ini belum ada kabar kapan dideklarasikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com