Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Mulawarman Diminati Wisatawan

Kompas.com - 26/01/2013, 21:04 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

TENGGARONG, KOMPAS.com - Museum Mulawarman di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, menjadi tempat yang disukai wisatawan kala melewatkan liburan akhir pekan. Sabtu (26/1/2013) siang, museum yang sebelumnya adalah bangunan keraton Kesultanan Kutai Kartanegara ini dikunjungi puluhan wisatawan.            

Museum ini menyimpan banyak benda-benda sejarah yang pernah digunakan oleh pihak Kesultanan Kutai Kartanegara, antara lain, pakaian, tempat duduk, singgasana, dan aneka macam senjata. Selain itu juga ada koleksi keramik China, seperangkat gamelan Yogyakarta, aneka kerajinan tradisional, dan pakaian adat.            

Johansyah, petugas loket di museum tersebut, mengutarakan, pada liburan akhir pekan, museum dikunjungi 500-600 orang. "Jika hari-hari biasa, ada 100-an pengunjung," ujarnya.

Sejumlah pengunjung mengaku terkesan dengan museum ini. "Koleksinya bagus-bagus. Ini luar biasa. Namun ada baiknya ditambahkan lagi beberapa AC dan penerangan lampu.  Selain itu, barangkali akan lebih membantu pengunjung jika pihak museum menyediakan cukup leaflet mengenai seputar museum ini," ujar Stanislaus W (68), salah satu pengunjung museum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com