Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Ikan Masih Tinggi Akibat Nelayan Belum Melaut

Kompas.com - 25/01/2013, 19:39 WIB
Defri Werdiono

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Harga ikan di sejumlah daerah di Kalimantan Selatan masih tinggi akibat banyak nelayan belum berani melaut. Di kawasan Tabanio, Kabupaten Tanah Laut, misalnya, harga ikan jenis tengiri saat ini masih berkisar Rp 60.000-R p 70.000 per kilogram.

"Sebelum terjadi gelombang tinggi harga tengiri masih berkisar Rp 35.000-Rp 40.000," ujar Imul, salah satu nelayan asal Tabanio, Jumat (25/1/2013).

Menurut Imul, ikan-ikan yang ada saat ini dipasok oleh nelayan yang berada di wilayah agak teduh dengan kondisi gelombang tidak terlalu tinggi, seperti Muara Asam-asam dan Kintap.

Nelayan Tabanio sendiri belum berani melaut meski beberapa hari ini kondisi gelombang mulai membaik. Mereka khawatir jika gelombang tinggi muncul kembali seiring dengan bulan purnama.

Selama ini, nelayan Tabanio mencari ikan cukup jauh hingga perairan Masalembu, di Madura, dan Sampit di Kalimantan Tengah. Sekali melaut mereka menghabiskan waktu sekitar dua minggu di lautan sehingga harus dipastikan bahwa kondisi cuaca benar-benar aman untuk beraktivitas.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com