Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: Kendalikan BBM, Konversi Gas

Kompas.com - 25/01/2013, 15:11 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Agus Martowardojo menginginkan rapat soal pengendalian BBM bersubsidi dengan Kementerian ESDM kembali digelar. Ada tiga kunci pokok pembahasan yang akan disampaikan.

"Kuncinya adalah di bagian (pengendalian) BBM bersubsidi sendiri, konversi gas, dan energi alternatif. Itu adalah kunci yang akan dibicarakan," kata Agus saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (25/1/2013).

Namun, Agus masih enggan menjelaskan detail tiga pokok pembahasan yang akan diutarakan kepada Kementerian ESDM tersebut.

Namun, yang pasti, Agus memang menginginkan ada pengendalian kuota BBM bersubsidi yang tepat. Sebab, pada tahun lalu, konsumsi BBM bersubsidi sudah jebol hingga 1,23 juta kl.

Rencana pertemuan soal pengendalian BBM bersubsidi ini akan dilakukan Kementerian Keuangan dan Kementerian ESDM dalam pekan depan. Pertemuan rapat ini sempat tertunda selama dua pekan karena adanya sidang kabinet.

"Jadi, minggu depan saya harus jadwalkan pertemuan itu kembali, apakah akan lewat rapat koordinasi di kantor Kementerian Perekonomian atau dengan Menteri ESDM sendiri," tambahnya.

Karena batal bertemu dengan Menteri ESDM, Agus enggan menjelaskan rencana apa saja yang akan diajukan pemerintah untuk bisa menekan anggaran subsidi BBM yang terus membengkak. Dalam rapat tersebut, juga akan ditentukan mekanisme pengendalian BBM bersubsidi yang tepat, sekaligus bila jadi kemungkinan kenaikan harga BBM bersubsidi.

"Saya belum bisa berkomentar karena nanti memberikan informasi yang tidak seimbang," elaknya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com