Kompas.com - 23/01/2013, 17:06 WIB
|
EditorFarid Assifa

BANDUNG, KOMPAS.com -- Tim Gegana, unit Penjinak Bom (Jibom) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat akhirnya mengevakuasi granat dari rumah mantan Gubernur Jawa Barat Dani Setiawan, Jalan Culan, RT 05 RW 08 Kelurahan Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat, Rabu, (23/1/2013). Sebelumnya, granat tersebut ditemukan oleh salah satu kuli bangunan, Basori (24) saat sedang merenovasi rumah Dani.

Seusai memeriksa, salah satu anggota Gegana Tim Unit Jibom Polda Jabar Iptu Sanhaji mengatakan, granat jenis nanas warna hitam seukuran bola tenis itu masih aktif. "Granat nanas itu aktif, sekarang sudah kami amankan," singkat Sanhaji kepada wartawan di lokasi, Rabu (23/1/2013).

Tim Jibom juga memeriksa dan menyisir seluruh penjuru rumah tersebut. Hal itu dilakukan untuk memastikan apakah masih ada granat atau bahan-bahan peledak lainnya atau tidak, mengingat sebelumnya pemilik rumah tersebut adalah anggota TNI Angkatan Udara (AU) bernama Sukamto berpangkat Pembantu Letnan Satu (Peltu).

Polisi juga menduga bahwa granat tersebut milik almarhum Peltu Sukamto. "Sudah aman, tidak terdeteksi lagi," singkat Sanhaji lagi.

Sementara itu, Kapolsek Sumur Bandung Komisaris Polisi (Kompol) Jenter Nainggolan didampingi Ajun Komisaris Polisi (AKP) Untung Margono menyatakan, granat itu akan dibawa ke Polrestabes Bandung, Jalan Merdeka, untuk keperluan berita acara pemeriksaan (BAP). Setelah itu, lanjut Jenter, granat nanas yang dinyatakan aktif itu akan dibawa tim Unit Jibom Polda Jabar ke tempat peledakan.

"Iya, tim akan membawa granat itu ke tempat peledakan, untuk kemudian diledakkan," kata Jenter didampingi Untung, di lokasi yang sama.

Sementara itu, kepada wartawan, menantu dari mantan gubernur Jabar Dani Setiawan, yakni Achmad Taufiqurahman menjelaskan, rumah tersebut dibeli pada bulan Oktober 2012 lalu. Sedangkan serah terima rumah baru dilakukan pada 2 Januari 2013.

"Rumah ini baru dibeli, belum sempat ditempati. Kaget juga melihat melihat ada granat seperti ini," kata Taufiq.

Taufik yang menikahi Winny Citra Dewi Utami, putri mantan Gubernur Jawa Barat Dani Setiawan itu berharap benda-benda berbahaya seperti itu tidak ditemukan lagi. Ia mengaku lega granat di rumahnya itu sudah diperiksa dan disisir tim Gegana Unit Jibom Polda Jabar.

"Kalau sudah diamankan begini, kami lega lah," katanya.

Diberitakan sebelumnya, granat ditemukan oleh Basori (24) salah satu pekerja bangunan yang sedang merenovasi rumah tersebut, Rabu, (23/1/2013) sekitar pukul 10.00 WIB. Granat ditemukan Basori ketika sedang memperbaiki plafon di sudut rumah.

Tiba-tiba saja ada granat sebesar bola tenis jatuh. Penemuan granat itu dilaporkan Basori kepada mandor, kemudian mandor melapor ke Ketua RW 08 Paul, dan Paul melapor ke kepolisian dan militer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.