Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Granat di Rumah Eks Gubernur Jabar Masih Aktif

Kompas.com - 23/01/2013, 17:06 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -- Tim Gegana, unit Penjinak Bom (Jibom) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat akhirnya mengevakuasi granat dari rumah mantan Gubernur Jawa Barat Dani Setiawan, Jalan Culan, RT 05 RW 08 Kelurahan Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat, Rabu, (23/1/2013). Sebelumnya, granat tersebut ditemukan oleh salah satu kuli bangunan, Basori (24) saat sedang merenovasi rumah Dani.

Seusai memeriksa, salah satu anggota Gegana Tim Unit Jibom Polda Jabar Iptu Sanhaji mengatakan, granat jenis nanas warna hitam seukuran bola tenis itu masih aktif. "Granat nanas itu aktif, sekarang sudah kami amankan," singkat Sanhaji kepada wartawan di lokasi, Rabu (23/1/2013).

Tim Jibom juga memeriksa dan menyisir seluruh penjuru rumah tersebut. Hal itu dilakukan untuk memastikan apakah masih ada granat atau bahan-bahan peledak lainnya atau tidak, mengingat sebelumnya pemilik rumah tersebut adalah anggota TNI Angkatan Udara (AU) bernama Sukamto berpangkat Pembantu Letnan Satu (Peltu).

Polisi juga menduga bahwa granat tersebut milik almarhum Peltu Sukamto. "Sudah aman, tidak terdeteksi lagi," singkat Sanhaji lagi.

Sementara itu, Kapolsek Sumur Bandung Komisaris Polisi (Kompol) Jenter Nainggolan didampingi Ajun Komisaris Polisi (AKP) Untung Margono menyatakan, granat itu akan dibawa ke Polrestabes Bandung, Jalan Merdeka, untuk keperluan berita acara pemeriksaan (BAP). Setelah itu, lanjut Jenter, granat nanas yang dinyatakan aktif itu akan dibawa tim Unit Jibom Polda Jabar ke tempat peledakan.

"Iya, tim akan membawa granat itu ke tempat peledakan, untuk kemudian diledakkan," kata Jenter didampingi Untung, di lokasi yang sama.

Sementara itu, kepada wartawan, menantu dari mantan gubernur Jabar Dani Setiawan, yakni Achmad Taufiqurahman menjelaskan, rumah tersebut dibeli pada bulan Oktober 2012 lalu. Sedangkan serah terima rumah baru dilakukan pada 2 Januari 2013.

"Rumah ini baru dibeli, belum sempat ditempati. Kaget juga melihat melihat ada granat seperti ini," kata Taufiq.

Taufik yang menikahi Winny Citra Dewi Utami, putri mantan Gubernur Jawa Barat Dani Setiawan itu berharap benda-benda berbahaya seperti itu tidak ditemukan lagi. Ia mengaku lega granat di rumahnya itu sudah diperiksa dan disisir tim Gegana Unit Jibom Polda Jabar.

"Kalau sudah diamankan begini, kami lega lah," katanya.

Diberitakan sebelumnya, granat ditemukan oleh Basori (24) salah satu pekerja bangunan yang sedang merenovasi rumah tersebut, Rabu, (23/1/2013) sekitar pukul 10.00 WIB. Granat ditemukan Basori ketika sedang memperbaiki plafon di sudut rumah.

Tiba-tiba saja ada granat sebesar bola tenis jatuh. Penemuan granat itu dilaporkan Basori kepada mandor, kemudian mandor melapor ke Ketua RW 08 Paul, dan Paul melapor ke kepolisian dan militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com