Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLTU Paiton Mengalami Gangguan

Kompas.com - 15/01/2013, 20:26 WIB
Dahlia Irawati

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com-  Empat dari sembilan pembangkit listrik di PLTU Paiton Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (15/1/2013) mengalami gangguan eksternal sehingga lepas dari sistem jaringan tenaga listrik.

Akibatnya, pasokan energi listrik berkurang. Empat pembangkit listrik yang lepas dari sistem adalah PLTU unit 5,6,7, dan 8.

"Siang tadi sekitar jam 11, terjadi gangguan eksternal yang menyebabkan empat dari sembilan PLTU di Paiton lepas dari sistem jaring tenaga listrik. Pada pukul 16.00 WIB tadi, PLTU 7 dan 8 sudah mulai masuk sistem, berikutnya terus diupayakan segera seluruh PLTU masuk sistem jaringan tenaga listrik," tutur Bambang Iswanto, General Manajer Pembangkitan Jawa Bali Unit Pembangkitan Paiton, Selasa (15/1).

Lepasnya PLTU dari sistem jaring tenaga listrik, menurut Bambang, merupakan bentuk proteksi atas sistem pembangkitan tersebut. "Ini bentuk proteksi pembangkitan jika ada gangguan. Jika tidak lepas dari sistem, malah listrik Jawa-Bali tidak aman," ujar Bambang.

Dengan lepas sistemnya empat dari sembilan PLTU di Paiton, Bambang mengatakan, otomatis terjadi defisit pasokan energi lsitrik. "Dan jika pasokan listrik berkurang, maka konsekuensinya suplai ke konsumen juga akan berkurang," ujar Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com