Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Laut Borong 7-8 Meter, Nelayan Tak Melaut

Kompas.com - 11/01/2013, 17:34 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

KOTA KOMBA, KOMPAS.com - Cuaca buruk di Laut Sawu sampai di Laut Borong diwarnai gelombang tinggi berkisar 7-8 meter, dibarengi angin kencang. Kondisi ini mengakibatkan nelayan di Borong, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur tidak berani melaut.

Pemandangan itu terlihat di sekitar Pelabuhan Waewole. Nelayan di Laut Waewole, kalupun terpaksa mencari ikan, hanya di sekitar dermaga Waewole. Hal ini dituturkan salah seorang nelayan dari Borong yang kapalnya bersandar di Dermaga Waewole, Rohan, Jumat (11/1/2013) petang ini.

Rohan menjelaskan, sejumlah kapal penangkap ikan dari Borong berlabuh di Perairan Waewole untuk menghindari gelombang tinggi di Laut Borong. Sebab, apabila cuaca buruk maka satu-satunya laut yang teduh adalah Laut Waewole.

Selama ini, di dermaga Waewole, kapal-kapal ini masih mencoba untuk menangkap ikan yang tak jauh dari dermaga. "Kapal-kapal kecil ini tidak berani melaut sampai di laut dalam karena gelombang tinggi dicampur dengan angin kencang," kata Rohan.

Selama beberapa hari, lanjut Rohan, kapal-kapal kecil masih memperoleh rejeki dengan menangkap ikan merah dengan cara mengail. 
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com