Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eggi Sudjana Deklarasi Jadi Cagub Jatim

Kompas.com - 11/01/2013, 10:01 WIB

SURYA, KOMPAS.com — Pengacara Eggi Sudjana rupanya serius untuk masuk bursa calon gubernur Jawa Timur. Pada Kamis (10/1/2013), dia mendeklarasikan pencalonannya pada Pemilihan Gubernur Jatim 2013 di Surabaya.

Eggi meminta (ormas) Suara Independen Rakyat Indonesia (SIRI) yang dipimpinnya untuk mengumpulkan 2 juta KTP warga Jatim sebagai modal maju ke Jatim 1 pada April nanti.

Dalam deklarasi di rumah makan AJBS Surabaya, Presiden SIRI ini ingin segera memenuhi persyaratan, yakni harus mengumpulkan minimal 1,5 juta KTP. Maka dari itu, pihaknya terus mendorong pengurus SIRI Jatim agar dua juta KTP bisa terkumpul. "Paling tidak bisa dua juta KTP pada April," paparnya kepada wartawan, Kamis.

Meski cukup percaya diri, pengacara Bupati Garut Aceng Fikri ini berusaha tetap bersikap nothing to lose dalam pilgub nanti. Jika memang tak ditakdirkan Tuhan untuk menjadi Jatim 1 alias kalah, dia tak akan mempermasalahkannya.

Lagi pula, dia memang tak mencalonkan diri, melainkan diminta untuk maju dalam Pilgub Jatim. "Kalau kalah, ya tak apa-apa, namanya juga bertarung," paparnya.

Eggi juga tidak berkecil hati meskipun ada keraguan warga Jatim terhadapnya mengingat dia berasal dari Jawa Barat. "Saya pikir warga Jatim mengenal saya karena berkiprah di tingkat nasional," ujarnya.

Disinggung tentang programnya maju sebagai Jatim 1, dia pun memunculkan ide Jatim menuju yang bertakwa, di mana di dalamnya termasuk bagaimana memakmurkan, menyejahterakan warga.

Sementara itu, dalam deklarasi itu, beberapa organisasi menyatakan sikapnya mendukung Eggi sebagai cagub Jatim dari jalur independen, seperti Kongres Advokat Indonesia Jatim, Laskar Pancasila Jatim, Pekerja Muslim Indonesia, dan Pos Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jatim.

Adapun Ketua SIRI Jatim Fathoni menambahkan, untuk menarik simpati warga Surabaya, pada 3 Februari mendatang pihaknya mengadakan program jalan sehat. Program ini akan melibatkan 163 kelurahan di Surabaya. "Kami akan mengundang 300 warga per kelurahan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com