Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Surat Suara Pilgub Jabar Rp 33 Miliar

Kompas.com - 10/01/2013, 10:47 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Ketua Kelompok Kerja Bidang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Iin Endah Setiawati menyatakan pagu anggaran pembuatan surat suara untuk Pilgub Jabar 2013 sebesar Rp 33 miliar.

"Itu untuk jumlah anggaran pengadaan surat suara saja, belum termasuk jumlah anggaran kelengkapan logistik lainnya," terang Iin kepada Kompas.com di kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (10/1/2013).

Menurut Iin, sampai saat ini tahapan pengadaan logistik pilgub memasuki tahapan proses pengumuman lelang atau pemegang tender pengadaan barang, melalui layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Provinsi Jabar.

Nantinya, pemenang tender itulah yang bertugas sebagai penyedia kelengkapan tahapan pencoblosan pilgub 24 Februari mendatang.

"Mekanisme pengadaan kelengkapan barang ada dua pengerjaan, ada yang dilakukan oleh KPU Jabar langsung dan ada yang dilakukan oleh KPU di masing-masing kabupaten/kota," ujar Iin.

Khusus pengadaan surat suara akan diproses oleh KPU Jabar melalui pemenang tender nantinya. Jumlahnya pun akan disesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang nantinya akan disahkan melalui rapat pleno, ditambah jumlah surat cadangan.

Sementara itu, kelengkapan tempat pemungutan suara seperti kotak suara, tinta, paku dan lainnya akan diserahkan kepada KPU di setiap kabupaten/kota. "Anggaran kelengkapan TPS itu masuk jumlah anggaran di setiap KPU di kabupaten/kota," tambah Iin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com