Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Kedelai Anjlok

Kompas.com - 03/01/2013, 14:35 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga kedelai berjangka di akhir perdagangan Kamis   (3/1/2013) dinihari anjlok dan mencapai level paling rendah dalam enam minggu belakangan.

Harga kedelai berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Maret mengalami penurunan sebesar 1,2 persen dan ditutup pada posisi 13,9225 dolar per gantang.

Sebelumnya harga kedelai mengalami penurunan hingga ke posisi 13,8625 dola r per gantang, tingkat harga paling rendah sejak tanggal 20 November lalu.

Harga kedelai berjangka pada tahun 2012 lalu sempat m elonjak tajam hingga sebesar 17 persen di tengah ancaman kekerin gan parah di AS. Akan tetapi mengingat tingginya pasokan dari Amerika Selatan, kekhawatiran penurunan pasokan dapat dihindari.

Belakangan permintaan terhadap produk kedelai dari AS memang turun karena diperkirakan panen kedelai di A merika Selatan akan cetak rekor sehingga pasokan kedelai global di tahun 2013 diperkirakan akan mengalami kenaikan tajam.

Departemen Pertanian AS memperkirakan bahwa Brazil akan memanen 83 juta metric ton kedelai tahun ini dan akan melampaui AS sebagai produsen dan eksportir kedelai terbesar di dunia. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com