Tabrakan di Selat Sunda karena Kelalaian Juru Mudi

Kompas.com - 03/01/2013, 03:48 WIB
Editor

Bandar Lampung, Kompas - Tim penyidik Kepolisian Daerah Lampung melimpahkan berkas kasus tenggelamnya KMP Bahuga Jaya ke penuntut umum. Menurut polisi, juru mudi kedua kapal yang bertabrakan, yaitu MT Norgas Cathinka dan KMP Bahuga Jaya, diduga sama-sama lalai.

”Kami sudah melimpahkan berkas kasus ke kejaksaan tinggi. Sekarang tinggal menunggu putusan mereka. Berkas itu sudah dua kali dikembalikan (ke jaksa) karena penanganannya memang tidak mudah, antara lain, karena terkait pihak asing,” ujar Direktur Kepolisian Air Polda Lampung Komisaris Besar Edion, Rabu (2/1).

Dari hasil penyidikan, polisi menetapkan tiga tersangka, yaitu nakhoda MT Norgas Cathinka Ernesto Lat Jr (53), Mualim I Norgas Cathinka Su Jibing, dan nakhoda KMP Bahuga Jaya Sahat Maruli. ”Kedua belah pihak ini sama-sama lalai tidak berupaya melakukan pencegahan. Harusnya, mereka bisa mengubah haluan kapal atau mematikan mesin guna menghindari tabrakan,” ujar Edion.

Selain ketiga juru mudi itu, menurut Edion, Mualim I KMP Bahuga Jaya, yaitu Salam Priyono, juga bertanggung jawab dalam insiden pada 26 September 2012 yang mengakibatkan tujuh orang tewas itu. Namun, Salam ikut menjadi korban tewas dalam musibah tersebut.

”Dalam kecelakaan kapal di laut, sebenarnya tidaklah dikenal pihak yang menabrak dan ditabrak. Yang ada itu tabrakan. Kedua belah pihak sama-sama lalai tak berupaya maksimal mencegah tabrakan. Ancaman pidana dari kelalaian ini adalah 5 tahun penjara,” ujarnya.

Polisi mengacu pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.

Hasil penyidikan polisi berbeda dengan putusan Mahkamah Pelayaran, 11 Desember 2012. Dalam Sidang Majelis Mahkamah Pelayaran itu, hanya Mualim I Norgas Cathinka, yaitu Su Jibing yang dinyatakan bersalah. Ia dianggap tidak berupaya maksimal menghindari tabrakan.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Lampung Heru Widjatmiko mengatakan, pihaknya masih meneliti berkas perkara kasus Bahuga Jaya. (JON)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.