Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rieke Dukung Aceng Dicopot dari Jabatan Bupati

Kompas.com - 31/12/2012, 15:31 WIB
Aditya Revianur

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Barat dari PDI Perjuangan Rieke Dyah Pitaloka mendukung rekomendasi pencopotan Bupati Garut Aceng Fikri. Dalam sebulan terakhir, skandal pernikahan kilat Aceng dengan seorang perempuan berusia 18 tahun, Fani Oktora, menjadi perhatian dan menimbulkan kontroversi publik. Fani hanya dinikahinya selama empat hari dan diceraikan melalui pesan singkat.

"Pemberhentian ada prosesnya. Ini pembelajaran yang berharga bagi rakyat Jawa Barat," kata Rieke, disela menghadiri perayaan ulang tahun ke-7- Ketua MPR Taufiq Kiemas, di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Senin (31/12/2012).

Ia menekankan, proses pencopotan harus sesuai ketentuan yang berlaku. Menurutnya, kasus Aceng menjadi pukulan bagi rakyat Jawa Barat. "Kasus Aceng tentu pukulan bagi rakyat Jabar, terutama dari Garut. Saatnya memilih pemimpin yang bisa membanggakan rakyat Jabar dan tidak mungkin poligami," papar anggota DPR ini.

Seperti diberitakan, DPRD Garut merekomendasikan pencopotan Aceng karena dinilai telah melanggar etika dan aturan perundang-undangan. Atas keputusan DPRD ini, Aceng mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung. Ia juga melaporkan Gubernur Ahmad Heryawan, Mendagri Gamawan Fauzi, dan Kapuspen Kemendagri Rydondonizar Moenoek ke Bareskrim Polri karena dianggap telah melakukan pencemaran nama baik dan fitnah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com