Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hantaman Grafis" Lewat Motif Garis

Kompas.com - 28/12/2012, 17:51 WIB

KOMPAS.com — Dari sekian banyak motif yang bisa Anda jadikan inspirasi mendekorasi ulang ruangan, motif garis-garis bisa dijadikan pertimbangan untuk menciptakan satu tampilan baru. Motif garis-garis bisa dengan mudah disandingkan dengan berbagai tipe dan peruntukan ruangan di rumah Anda.

Elaine Griffin, desainer interior asal kota New York, menyatakan, motif garis-garis merupakan motif "rendah risiko". Seperti disebutkan di www.realsimple.com, Griffin mengatakan, motif garis-garis tidak hanya "mudah" diaplikasikan, tetapi juga memberikan "hantaman grafis" pada ruangan mana pun di rumah Anda.

"Dengan dekorasi sederhana dari corak garis-garis, ruangan akan tampak menonjol dengan segera," ujarnya.

Bahkan, menurut dekorator Dorothy Draper, semakin lebar garisnya, semakin cerdas efeknya.

Namun, sebelum mengaplikasikannya sebagai dekorasi baru di rumah Anda, ada baiknya Anda mengetahui beberapa motif garis yang bisa digunakan. Bukan hanya garis horizontal dan garis vertikal, motif garis-garis pun tersedia dalam beberapa jenis yang dapat Anda bawa sebagai aksen dekorasi interior rumah Anda seperti berikut ini.

Garis chevron

Motif garis zig-zag ini bisa menampilkan efek dalam waktu sekejap. Dengan menyertakan corak ini, Anda dapat menciptakan stimulan visual untuk memberikan efek "kedalaman" pada furnitur atau aksesori lain di rumah Anda. Untuk itulah, Anda dapat mamadukannya dengan dinding, bantal, vas, bahkan elemen-elemen konstruksi seperti pagar.

Garis horizontal

Motif garis ini mampu "memperbesar" ruangan sempit menjadi lebar. Anda bisa menerapkannya ini pada backsplash dapur atau kamar tidur.

Garis vertikal

Bukan hanya garis horizontal yang bisa membuat "tipuan" pada mata Anda karena dapat menjadikan ruangan terasa lebih besar, garis vertikal pun mampu melakukannya. Hanya, perbedaannya, garis ini bisa membuat ruangan terasa lebih tinggi.

Efek serupa

Ini memang bukan motif garis, tetapi efek yang ditimbulkannya hampir serupa. Motif zebra dan kotak-kotak, misalnya. Kedua motif ini dapat memberikan efek yang dramatis pada ruangan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com