Kompas.com - 26/12/2012, 21:18 WIB
|
EditorFarid Assifa

KEDIRI, KOMPAS.com -- Kepolisian Resor Kediri, Jawa Timur, tengah menangani laporan NH, seorang perempuan yang berprofesi sebagai guru sebuah SMP di Kabupaten Kediri, Jawa Timur karena foto telanjangnya telah diunggah di jejaring sosial Facebook. Pelaku pengunggah foto tersebut dilaporkan atas nama Albert alias Pandu yang mengaku sebagai anggota Polri di Palembang.

Ironisnya, pria itu baru saja dikenalnya melalui jejaring sosial yang sama. Kejadian itu bermula dari keduanya berkenalan melalui Facebook, lalu saling menjalin komunikasi melalui saluran telepon. Hubungan tersebut berlanjut intensif dan mengarah pada hubungan dekat. Hingga pada pekan lalu, Pandhu meminta NH foto bugil dan dikirimkan melalui layanan pesan gambar.

Usai menerima gambar itu, Pandhu menelepon NH dan meminta uang sebesar Rp 6 juta jika tidak ingin foto itu diunggah ke jejaring sosial. Pria tersebut memberikan tenggang waktu pelunasan hingga Senin (24/12/2012). Namun belum habis tenggat waktu yang diberikan, foto tersebut telah terpampang di laman Facebook sehingga membuat wanita berusia kepala empat itu segera melapor kepada pihak berwajib.

"Laporannya sudah kami terima Selasa (25/12/2012) kemarin, dan saat ini masih dalam penyelidikan," kata Budi Nurtjahko, Kepala Subbag Humas Polres Kediri saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/12/2012).

Untuk mengantisipasi terjadinya kasus serupa, Budi menambahkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati pada orang yang baru dikenal, serta secara arif dalam menggunakan teknologi. "Kami juga memberikan imbauan dengan menyebar brosur maupun pamflet agar masyarakat waspada," pungkas Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.