Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota DPRD Garut Kabur, Rapat Paripurna Ricuh

Kompas.com - 19/12/2012, 17:12 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Pelaksanaan rapat paripurna DPRD Garut sempat diwarnai kericuhan akibat ada salah seorang anggota dewan yang meninggalkan ruangan sebelum rapat ditutup pimpinan rapat, Rabu (19/12/2012) sore.

Kejadian itu mendapatkan reaksi warga yang ikut hadir pada paripurna dengan agenda laporan Pansus, tentang pernikahan singkat Bupati Garut Aceng HM Fikri, yang dibuka untuk umum tersebut.

Pantauan Kompas.com, dalam paripurna yang dilaksanakan sekitar satu jam itu semua anggota dewan sekaligus jajaran pimpinan ditahan oleh warga sekaligus pendemo yang hadir di ruang rapat.

Pemicunya adalah salah seorang anggota dewan keluar saat ada beberapa interupsi dari pendemo kepada pimpinan dewan. Padahal, paripurna belum ditutup oleh pimpinan rapat yang juga Ketua DPRD Garut Ahmad Badjuri.

Anggota Polres Garut dengan sigap mensterilkan ruangan rapat dari pendemo. Karena pendemo sempat mengejar anggota dewan yang kabur dan menutup pintu keluar ruangan.

Aksi pendemo itu sempat menghentikan sejenak jalannya rapat paripurna. Sampai akhirnya, polisi dapat menenangkan kembali jalannya rapat sekaligus ditutup oleh pimpinan rapat.

"Saya mengerti keinginan warga Garut semuanya. Jadi jangan sampai paripurna ini dihentikan paksa. Berilah kami waktu sehari lagi untuk membahas pandangan fraksi-fraksi. Jadi, mohon tenang semuanya," ungkap Ketua DPRD Garut Ahmad Badjuri sembari menutup rapat persidangan.

Sementara, di luar gedung DPRD pendemo masih mendapatkan pengawalan ketat pasukan dari Satbrimob Polda Jabar. Pendemo yang berada di luar ruangan sempat menolak paripurna dihentikan untuk dibahas dulu di fraksi-fraksi dewan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com