Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendukung Cagub-Cawagub Padati Sabuga

Kompas.com - 18/12/2012, 19:52 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ratusan pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jabar 2013 Dikdik-Toyib datang paling awal ke acara penetapan nomor urut dan launching Pilgub Jabar di gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Selasa (18/12/2012) sore.

Para pendukung pasangan calon dari jalur perseorangan itu datang sekitar pukul 17.00 saat lokasi masih diguyur hujan. Para pendukung kompak menggunakan pakaian adat sunda. Namun, ada juga yang menyusul menggunakan kaos berwarna ungu bertuliskan Dikdik-Toyib.

"Kita harus datang lebih awal dan belajar tepat waktu. Ya, harus tepat waktu," ujar Dedin, salah satu koordinator pasangan Dikdik-Toyib kepada Kompas.com, saat akan memasuki gedung, sore tadi.

Tak berselang lama, sekitar pukul 18.10 WIB, pasangan calon asal Partai Demokrat Dede Yusuf M Effendi dan Lex Laksamana berpakaian kemeja putih datang paling pertama bersama para pendukungnya. Mereka sempat menyapa terlebih dulu awak media sampai akhirnya dijemput panitia dari KPU Jabar yang mempersilahkan masuk ke ruangan.

Selang beberapa menit, datang calon gubernur dari Partai Golkar Irianto MS Syafiudin alias Yance tanpa pasangannya. Ia datang dibarengi pendukungnya. Sebelum masuk, para pendukung Yance sempat meneriakan semangat dukungan. "Yance, yes, Yance, yes, yes,,," demikian suara gemuruh dukungan yang diteriakan para pendukungnya saat akan memasuki ruangan acara.

Kemudian, muncul pasangan jalur perseorangan Dikdik-Toyib menggunakan pakaian adat sunda yang sama dengan pakaian pendukungnya yang lebih pertama datang. Pasangan itu sempat diantar oleh pendukungnya yang setia menunggunya dari sore hari di lokasi acara. Rombongan baju kotak-kotak pasangan Rieke-Teten pun akhirnya menyusul setelah Dikdik-Toyib tiba di lokasi.

Pendukung calon asal PDI Perjuangan itu sempat akan memaksa masuk ruangan para calon berkumpul sebelum memasuki stage utama. Namun, panitia dengan sigap memberikan pengertian ruangan hanya untuk pasangan calon saja.

Calon Wakil Gubernur Tatang Farhanul Hakim sebagai pendamping Yance datang sendirian diiringi pendukungnya. Tatang yang memakai kemeja putih beralasan tak bersama dengan Yance akibat terhalang jalanan macet. "Saya datang langsung dari Tasik, jadi tak bersamaan dengan Kang Yance. Ehmmmm, macet, macet, tadi di jalan," kata dia saat memberikan keterangan kepada Kompas.com, saat akan memasuki ruangan acara.

Sedangkan pasangan calon paling akhir adalah pasangan Ahmad Heryawan dan Dedy Mizwar. Pasangan itu langsung memasuki stage utama acara. Sampai berita ini diturunkan, acara penetapan nomor urut dan launching Pilgub jabar di Sabuga Bandung baru dibuka selang beberapa menit dengan lagu Indonesia Raya dan lagu berjudul Raja oleh dari band /Rif. Acara ini pun disiarkan secara langsung oleh Kompas TV sebagai media partner KPU Jabar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com