Kompas.com - 18/12/2012, 14:13 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

KOLAKA, KOMPAS.com — Protes dari kalangan masyarakat dan tokoh agama terkait buku ensiklopedia sains dan teknologi akhirnya dipenuhi Dinas Pendidikan Kolaka, Sulawesi Tenggara. Buku yang dituding mengandung unsur pornografi tersebut ditarik secara resmi dari peredaran.

Penarikan ensiklopedia ini dilakukan menyusul surat edaran dari Kantor Wilayah Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara. "Ya, betul sekali, buku-buku ensiklopedia itu kami sudah tarik secara resmi," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Kolaka Andi Panguriseng, Selasa (18/12/2012).

Menurutnya, sekolah-sekolah yang mendapati buku seperti itu diharuskan memberikan kepada Dinas Pendidikan. Sekolah-sekolah pun telah disurati agar tidak ada temuan berikutnya.

"Memang dalam surat Kanwil itu bukan hanya di Kolaka, seluruh kabupaten/kota agar menarik buku ensiklopedia dari sekolah masing-masing," ungkapnya.

Andi menjelaskan, saat ini Dinas Pendidikan belum bisa merinci berapa banyak buku tersebut yang beredar di Kolaka. Namun, beberapa sekolah dasar sudah menyetorkan buku tersebut.

"Kami juga harapkan, kalau lain kali ada buku seperti itu terbit harus jelas, apakah untuk murid atau referensi para guru," tambahnya.

Buku ensiklopedia ini menuai protes luar biasa di Kolaka pascapenemuan. Kecaman datang mulai dari DPRD, Kementerian Agama, hingga MUI Kolaka. Dalam buku tersebut terdapat beberapa gambar perempuan dan laki-laki yang telanjang. Hal ini dinilai tidak masuk akal untuk dipelajari oleh anak-anak SD.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.