Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Perbelanjaan mall @alam sutera Beroperasi 12-12-12

Kompas.com - 12/12/2012, 15:03 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Tangerang menambah satu pusat perbelanjaan baru, yaitu mall @ alam sutera. Mal yang dibangun sejak April 2010 di lahan seluas 7,8 hektar di kawasan Alam Sutera itu, beroperasi mulai hari Rabu 12-12-12 ini.

Chief Executive Officer mall @ alam sutera, Budi Iwantoro dalam siaran pers Rabu mengungkapkan, dari total luas 7,8 hektar, sepertiganya merupakan area hijau terbuka. Hal ini sesuai dengan konsep mal yang menonjolkan green environment.

"Alam Sutera ingin menampilkan konsep pusat perbelanjaan modern yang benar-benar berbeda. Kami menggandeng Raymond Woo & Associates Singapore Architects dan Bobos Architects sebagai konsultan arsitek mal ini," kata Budi.

Total area tersewa mal ini adalah 68.000 meter persegi terdiri dari lima lantai. Dua lantai di antaranya digunakan untuk area parkir, dan tiga lantai utuk area ritel. Okupansi mal sampai saat ini sudah mencapai 98 persen.

Penyewa utama adalah Sogo Department Store, The Food Hall, Electronic Solution, Home Solution, Gold’s Gym, Fun World, Cinema XXI, Mango Farm dan Toko Buku Gramedia. Selain itu di seluruh mall @ alam sutera tersebar toko fashion, gadget, food & beverage, sepatu, perhiasan, dan sebagainya.

Mal yang dibangun dengan investasi senilai Rp 520 miliar ini menyasar kalangan anak muda dan keluarga menengah ke atas.

Pusat perbelanjaan mall @ alam sutera yang lokasinya sejajar dengan jalan tol Jakarta-Tangerang Km 15 merupakan salah satu dari proyek unggulan Alam Sutera. Selain mal, Alam Sutera juga membangun apartemen Silkwood Residences dan gedung perkantoran Synergy Building.

Jika megaproyek ini selesai, kata Budi Iwantoro, kawasan Alam Sutera diprediksi menjadi sebuah kawasan terpadu dengan fasilitas sangat lengkap. Di kawasan superblok dan pusat bisnis Alam Sutera seluas 40 hektar, akan hadir juga Binus University dan theme park yang saat ini masih dalam taraf perencanaan.

Catatan Kompas menunjukkan, selain mall @ alam sutera, di kawasan Alam Sutera sudah dibangun mal gaya hidup Living World milik PT Kawan Lama yang memiliki AceHardware dan Informa. Selain itu, di kawasan Summarecon Serpong, juga sudah hadir Summarecon Mal Serpong (SMS) yang dibangun pengembang Summarecon Agung. Setiap akhir pekan dan hari libur, Living World dan SMS selalu penuh dan ramai.

Sebaliknya, dua pusat ritel di Serpong lainnya, yaitu Serpong Plaza dan Serpong Town Square, kini seakan hidup segan mati tak mau. Satu lagi berubah fungsi adalah BSD Junction, semula menjadi pusat makanan kini menjadi pusat keramik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com