Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Natal, Pemkot Ambon Gelar Pasar Murah

Kompas.com - 10/12/2012, 19:54 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Untuk memenuhi kebutuhan sembilan bahan pokok bagi masyarakat menjelang Hari Raya Natal 25 Desember 2012 dan Tahun Baru, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar Pasar Murah pada beberapa lokasi.

Sejumlah tempat yang dijadikan lokasi pasar murah yakni di Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe, dan Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel), pasar murah ini sendiri akan digelar mulai hari ini hingga 13 Desember mendatang.

Wakil Wali Kota (Wawali) Ambon, M.A.S Latuconsina kepada wartawan, Senin (10/12/2012) mengatakan, pasar murah rutin digelar oleh Pemkot Ambon guna mengantisipasi kenaikan harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri maupun maupun Natal. "Kali ini pasar murah digelar sebagai bentuk kepedulian Pemkot untuk membantu warga yang berpenghasilan rendah dalam menyambut hari raya Natal dan Tahun Baru," katanya disela-sela pembukaan pasar murah yang berlangsung di Kelurahan Kudamati.

Dia menjelaskan, meningkatnya harga kebutuhan pokok di pasaran dan daya beli masyarakat yang rendah adalah realita yang dihadapi Pemkot bersama masyarakat, dimana fenomena ini sering dihadapi menjelang kegiatan hari besar keagamaan seperti Natal, Idul Fitri dan Tahun Baru. "Ini disebabkan karena pelaku pasar ingin meraup keuntungan yang sebesar-besarnya tanpa peduli orang lain dan mengorbankan masyarakat sebagai konsumen," katanya.

Dikatakannya, dengan adanya pasar murah ini kiranya dapat meringankan beban hidup warga kota Ambon, yang hendak merayakan hari raya Natal dan Tahun Baru nanti. "Pasar Murah untuk mencari keuntungan namun, punya misi untuk membantu merigankan beban masyarakat yang berpenghasilan rendah, karena pasar murah dirasakan dapat membantu masyarakat," terangnya.

Dia berharap, masyarakat kota Ambon dapat memanfaatkan pasar murah ini guna mencukupi kebutuhan keluarga. "Saya harap masyarakat dapat berbelanja di pasar murah ini, selain harganya murah, juga lokasinya sangat dekat, sehingga tidak perlu ke pasar untuk berbelanja sembako," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com