Kompas.com - 08/12/2012, 20:34 WIB
EditorI Made Asdhiana

TERNATE, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara (Malut), akan mengembangkan Pulau Gebe menjadi kawasan wisata bahari, dan diharapkan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan berkunjung ke daerah itu.

"Pemkab Halmahera Tengah mulai 2013 akan mengalokasikan anggaran untuk pengembangan Pulau Gebe menjadi kawasan wisata bahari, di antaranya untuk penataan dan pembangunan berbagai fasilitas penunjang," kata Bupati Halteng, Ali Yasin di Ternate, Sabtu (8/12/2012).

Pemkab Halteng juga tengah mengupayakan keterlibatan investor dalam pengembangan Pulau Gebe menjadi kawasan wisata bahari, karena pemkab memiliki keterbatasan dana untuk mengembangkannya sendiri.

Ali Yasin optimistis jika Pulau Gebe telah dikembangkan menjadi kawasan wisata bahari, akan banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri yang akan tertarik berkunjung ke pulau yang dulunya menjadinya daerah tambang nikel PT Aneka Tambang itu.

Optimisme itu didasarkan pada keindahan yang dimiliki Pulau Gebe, terutama pantainya yang berpasir putih dan panorama bawah laut di perairan sekitarnya, yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan panorama bawah laut Perairan Raja Ampat, Papua Barat.

"Keragaman ikan di perairan Pulau Gebe, sesuai hasil penilitian sangat banyak yakni mencapai 300 jenis atau lebih banyak jika dibandingkan dengan di perairan Raja Ampat, Papua Barat hanya sekitar 290 jenis," katanya.

Halteng juga memiliki sejumlah obyek wisata lainnya seperti Goa Bokimamuru yang konon merupakan goa terpanjang di dunia dan Taman Nasional Ake Tajawa Lolobata yang dihuni ratusan jenis burung, beberapa di antaranya merupakan brurung endemik Halmahera.

Menurut Ali Yasin, Pemkab Halteng tengah mengupayakan agar wisatawan yang berkunjung di kawasan wisata Raja Ampat, Papua Barat dapat melanjutkan perjalanan ke Halteng, karena jarak antara Halteng dengan Raja Ampat berdekatan.

Untuk mencapai Halteng harus melewati Ternate kemudian melanjutkan perjalanan ke daerah itu menggunakan jalur darat melalui Sofifi, Ibu Kota Sofifi Malut atau jalur laut dari Ternate langsung ke Halmahera Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.