Kompas.com - 07/12/2012, 20:05 WIB
|
EditorFarid Assifa

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 29 pekerja seks komersial (PSK) yang biasa beroperasi di lokalisasi Bangunsari, Surabaya, Jumat (7/12/2012) sore diwisuda. Mereka dinyatakan lulus pelatihan keterampilan dan siap berwirausaha. Mereka juga berjanji untuk berhenti beroperasi.

Pelatihan keterampilan itu digelar oleh lembaga sosial Yayasan Sentuhan Kasih Bangsa (YSKB) sepanjang November lalu meliputi keterampilan tata boga, tata rias dan tata niaga. ''Sebenarnya ada 57 PSk yang mengikuti pelatihan dan berhasil lulus, namun baru ada 29 orang yang menyatakan tobat dan akan berhenti sebagai PSK,'' kata Ketua YSKB Lianggono Tejo Buntoro.

Mereka selanjutnya tidak dibiarkan begitu saja. Pihak YSKB masih akan memberikan pendampingan selama tiga bulan, untuk mencegah mereka kembali lagi beroperasi, serta memberi modal usaha masing-masing Rp 3 juta.

''Selama 3 bulan juga, kami memberikan biaya hidup agar perekonomian mereka sedikit tertopang,'' tambahnya. Wisuda tersebut disaksikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan sejumlah pejabat Pemkot Surabaya, serta ratusan PSK dari sejumlah lokalisasi seperti Dolly, Jarak, Sememi, dan Bangusari.

Saat ini, di Surabaya terdapat 2.110 PSK yang tersebar di enam lokalisasi, yakni Dolly, Jarak, Sememi, Kremil, Klakah Rejo dan Tambakasri. Pada 2011 lalu, sebanyak 121 PSK telah berhasil dipulangkan, dan tahun 2012 ini Pemprov Jatim bekerjasama dengan Pemkot Surabaya menargetkan ada 253 PSK yang dapat dipulangkan dengan dibekali keterampilan dan modal usaha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.