Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aceng Juga Pernah Nikahi Perempuan Karawang

Kompas.com - 06/12/2012, 16:41 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com — Pernikahan kilat Bupati Garut Aceng HM Fikri rupanya tidak hanya dengan Fani Oktora, remaja 18 tahun yang dinikahinya hanya empat hari. Aceng rupanya juga pernah menikahi janda satu anak bernama Shinta Larasati (22) di Karawang, Jawa Barat. Seperti dengan Fani, Aceng menikahi Shinta hanya selama dua bulan sebelum menceraikannya.

Kus (50), tetangga yang hadir dalam pernikahan Shinta dan Aceng, membenarkan hal tersebut. Ditemui Kompas.com di rumahnya, Kamis (6/12/2012), Kus mengisahkan keduanya menggelar pernikahan secara siri di rumah orangtua Shinta, Bambang Koosbayono, di Perumahan Karawang Baru, A12, RT 29 RW 07, Desa Karanganyar, Kecamatan Klari, Karawang, Jawa Barat.

"Pernah dulu bulan Maret 2012 di sini ramai. Dari cerita bapaknya, si Shinta bilang, 'Pak, saya mau kawin sama orang nomor satu di Garut," kenang Kus berdasarkan cerita Bambang yang juga teman lamanya.

Para tetangga Bambang sempat tak percaya dengan rencana pernikahan tersebut. Terlebih, Shinta yang sebelumnya telah memiliki anak berumur 4 tahun tersebut mengaku akan menikahi Bupati Garut. Kus pun memeriksa kebenaran melalui internet. "Ternyata, benar itu orangnya. Enggak nyangka juga bisa nikah sama pejabat," lanjut Kus.

Pesta pernikahan pun dilangsungkan di depan rumah ayah Shinta, di bawah naungan tenda mewah. Kus mengatakan, para tetangga melihat ada kejanggalan dalam pernikahan itu.

Pasalnya, pernikahan Shinta dengan Aceng tak heboh selayaknya pesta pernikahan pejabat yang cenderung mewah. Menurut Kus, pesta pernikahan itu hanya berlangsung sekitar satu jam dan hanya mengundang tetangga sekitar dan keluarga terdekat.

"Memang pasang tenda, cuma nggak pakai undangan, door to door saja sambil bilang, tolong hadir ya si Shinta mau nikah. Paling satu jam doang langsung kelar," lanjut Kus menirukan undangan dari keluarga Shinta waktu itu.

Kus yang merupakan rekan kerja Bambang sejak puluhan tahun lalu di Jakarta mengatakan, Shinta merupakan anak satu-satunya dari Bambang. Sang ibu meninggal seusai melahirkan Shinta. Sejak saat itu, Shinta dan Bambang tinggal terpisah karena Shinta dibesarkan oleh pamannya di Bandung, sementara Bambang tinggal di Karawang.

Sejak menikah dengan Aceng, Shinta sempat putus kontak dengan ayahnya. Kabar terakhir yang didapat pihak keluarga, kisah cinta Shinta dengan sang bupati tersebut pupus. Dua bulan setelah pernikahannya, pasangan itu bercerai. "Pas bercerai, si Shinta mulai pernah main ke sini, paling sejam doang," lanjut Kus.

Nama Bupati Garut, Aceng HM Fikri, menjadi sorotan publik dalam sepekan terakhir. Seorang remaja 18 tahun bernama Fani Oktora mengaku dinikahi Aceng hanya selama empat hari dan diceraikan melalui pesan singkat (SMS).

Tindakan Aceng menuai kecaman dari berbagai pihak karena dianggap melecehkan kaum perempuan. Masyarakat Garut ramai-ramai memprotesnya dan menuntutnya mundur. Sementara itu, DPRD Garut pun membentuk panitia khusus untuk mengumpulkan data.

Pada perkembangan terakhir, kedua belah pihak mengaku sepakat berdamai. Fani mencabut laporannya kepada Aceng atas tuduhan kekerasan dalam rumah tangga dan penipuan ke Badan Reserse Kriminal Mabes Polri.

Berita-berita terkait bisa diikuti di liputan khusus: Skandal Pernikahan Bupati Garut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com