Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Bupati Garut, Ini Komentar Istri Gubernur Jabar

Kompas.com - 03/12/2012, 19:13 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Netty Prasetiyani Heryawan sekaligus istri dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan sangat menyesalkan tindakan Bupati Garut Aceng HM Fikri yang menikahi Fani Oktora (18) dengan usia nikah 4 hari. Gadis asal Limbangan, Kabupaten Garut ini diceraikan hanya melalui pesan singkat di handphone (SMS). 

"Tentu saja atas nama P2TP2A Jabar, saya sangat menyesalkan kejadian seperti ini, kenapa harus menimpa anak di bawah umur," sesal Netty saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon, Senin, (3/12/2012).

Menurutnya, sebagai pejabat pubik, Aceng seharusnya tidak melakukan hal seperti itu. Sebab, tindakan tersebut akan berdampak negatif bagi Fani, terutama tentang masa depannya.

"Hal itu akan menjadikan suatu trauma menyakitkan kepada si anak. Untuk mengembalikan traumanya itu kan tidak mudah, perlu waktu yang sangat lama," ujar Netty.

Netty menjelaskan, pernikahan adalah sesuatu yang sangat sakral, dalam artian harus melibatkan lembaga resmi, sehingga akan saling menciptakan sikap saling menghargai.

"Bukan dilakukan dengan nikah siri, apalagi dilakukan pada anak usia dini, terus setelah itu diceraikan juga, kan si anak jadi trauma," ujarnya.

Netty mengimbau kepada para orang tua agar memberikan yang terbaik bagi anak perempuannya. Anak perempuan harus dinikahkan di usia yang tepat dan diberi pasangan yang terbaik bagi mereka.

"Semoga saja ini menjadi contoh, agar hal yang terjadi seperti sekarang ini tidak terjadi lagi di kemudian hari. Saya harap agar para orangtua memperhatikan ini," katanya.

Berita terkait dapat diikuti dalam topik:
Skandal Pernikahan Bupati Garut

Baca juga:
Soal Nikah Siri, Bupati Garut Yakin Tak Bersalah
Fani Mau Dinikahi Bupati Garut karena Ingin Kuliah
Tetangga "Sembunyikan" Keberadaan Fani
Keluarga Fani Hanya Ingin Bupati Garut Minta Ma
af
Gubernur Jabar Akan Marah-marahi Bupati Garut
Bupati Garut Dituding Lecehkan Wanita, Keluarga Kecewa
Soal Bupati Garut, Dicky Chandra Minta Maaf

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com