Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Unjuk Rasa Polisi Sibuk Atur Lalu Lintas

Kompas.com - 29/11/2012, 12:15 WIB
Adi Sucipto

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com - Dua unjuk rasa di Gresik Jawa Timur membuat polisi sibuk mengamankan unjuk rasa dan mengatur lalu lintas. Dua unjuk rasa itu dari ratusan buruh yang menuntut penghapusan outsourcing dan pemenuhan hak-hak pekerja dari buruh tenaga alih daya di PT Petrokimia Gresik. Selain memblokade akses masuk pabrik, buruh juga mendatangi Kantor Dinas Tenaga Kerja Gresik.

Sementara bersebelahan dengan Kantor Disnaker Gresik ada unjuk rasa ratusan warga Desa Suci Kecamatan Manyar ke Kantor Badan Pertanahan Nasional. Mereka menuntut kepastian hukum tanah kas desa (TKD) Suci.

Sebelumnya, aksi buruh melumpuhkan aktivitas pabrik. Truk-truk pengangkut barang terhalang masuk. Aksi itu juga memacetkan Jalan Gubernur Suryo Gresik.

Selanjutnya mereka ke Kantor Disnaker melewati Kawasan Industri Gresik, hingga akhirnya tembus Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo. Sebagian besar pengunjuk rasa menggunakan sepeda motor memenuhi jalan di sisi selatan pembatas jalan.

Akhirnya sejumlah kendaraan dari Masjid Agung Gresik diminta lewat jalur utara karena jalur selatan dipenuhi buruh. Di depan RSUD Ibnu Sina baru dialihkan lagi ke jalur sisi selatan.

Hingga saat ini unjuk rasa dua kelompok massa dengan tuntutan dan sasaran berbeda masih berlangsung. Konsentrasi polisi terbagi mengamankan lalu lintas, dan mengamankan unjuk rasa di Disnaker dan di Kantor BPN. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com