Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dede Yusuf Punya Masalah di Paru-paru

Kompas.com - 24/11/2012, 21:41 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang diusung Partai Demokrat Dede Yusuf-Lex Laksamana menjalani pemeriksaan kesehatan paling akhir di antara kandidat lainnya di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Sabtu, (24/11/2012).

Sama halnya dengan yang lain. Dede-Lex diperiksa kesehatan fisik dan kejiwaannya. Selain itu, Dede juga menjalani tes pengambilan keputusan. "Kalau menjadi pemimpin itu harus sehat jasmani dan rohani," kata Dede saat memberikan keterangan persnya di RSHS, Bandung, Sabtu, (24/11/2012).

Dede-Lex mengaku bisa menjalani proses pemeriksaan dengan baik. "Kalau pemeriksaan fisik, saraf, masih bisa mengikuti sampai maksimal, 90 persen baik, begitu pun dengan Pak Lex," kata Dede.

Namun, Dede mengaku ada sedikit masalah dengan mata dan paru-parunya. "Mata saya meningkat plusnya, kemudian paru-paru saya juga agak kurang maksimal karena beberapa waktu lalu kehujanan saat melihat bencana longsor dan banjir di Kabupaten Bandung," kata Dede.  "Organ yang lainnya baik-baik saja," sambungnya.

Demi menjaga kesehatannya, Dede mengaku berolahraga, salah satunya dengan bersepeda. "Saya sudah menjadwalkannya tiga kali dalam seminggu. Untuk menjaga kesehatan fisik, saya melakukan cara-cara seperti itu, kalau ada waktu bisa dilakukan setiap pagi, walaupun hanya setengah jam," kata Dede.

Dede juga melakukan diet dengan mengurangi makanan berlemak dan mengandung garam. Dan, yang tak kalah penting, kata Dede, memperbanyak senyum untuk menghindari stres. "Kebanyakan datangnya penyakit itu dari tingkat stres yang tinggi, makanya harus banyak senyum, senyum itu menyehatkan jiwa," terangnya sambil tersenyum.

Sementara itu, Lex tidak banyak memberikan komentar atas hasil pemeriksaan tim dokter. Lex mengaku kesehatannya tidak bermasalah. "Tidak ada masalah dengan kesehatan saya, semuanya baik-baik saja," kata Lex.  "Mudah-mudahan hasilnya dapat dinyatakan sehat," sambung Lex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com