Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FPI Demo Kedubes AS, 3.000 Personel Disiagakan

Kompas.com - 23/11/2012, 17:28 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan pengunjuk rasa yang berasal dari gabungan Front Pembela Islam (FPI), Laskar Pembela Islam (LPI), dan Forum Umat Islam (FUI), menggelar aksi di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

"Ada 3.000 personel gabungan yang berasal dari Brimob Polda, Polres Jakpus, Polsek Gambir," kata Kepala Kepolisian Resor Jakarta Pusat A Romano Yoyol, Jumat (23/11/2012).

Menurutnya, pengamanan serupa juga pernah dilakukannya saat unjuk rasa oleh ormas muslim yang menentang penayangan film 'The Innocence of Moslem', pertengahan September lalu.

Untuk sementara, pengalihan arus lalu lintas belum dilakukan. Namun jika pengunjuk rasa terus bertambah, pengalihan arus kendaraan akan dilakukan.

"Mungkin kita alihkan dari arah Tugu Tani lurus ke Stasiun Gambir, dan dari MH Thamrin dibelokkan ke arah Harmoni," jelas Yoyol.

Berhadapan dengan polisi, para pengunjuk melakukan orasi sambil mengecam serangan Israel ke Palestina yang terjadi selama sepekan terakhir.

"Suatu saat nanti kita pasti sanggup menerobos Kedutaan Besar AS. Kita tahu pemimpin-pemimpin kita berasal dari antek Israel dan AS maka kita tidak akan pernah meninggalkan kewajiban kita untuk membela saudara kita," kata salah seorang orator.

Pantauan Kompas.com, petugas kepolisian dan Brimob dilengkapi persenjataan lengkap. Mereka disiagakan tepat di depan gedung Kedubes AS. Selain itu, juga telah bersiaga sebanyak dua kendaraan barracuda dan enam kendaraan water canon.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com