Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantung Metatu untuk Obat?

Kompas.com - 21/11/2012, 11:00 WIB
Adi Sucipto

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com — Semburan lantung (minyak mentah) dan gas di Metatu, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Rabu (21/11/2012), masih berlangsung. Lantungnya terus meluber ke areal sawah tambak di sekitarnya.

Sesek (anyaman bambu) yang digunakan sebagai pagar pembatas untuk mensterilkan lokasi terlihat coklat kehitaman. Saat ini, warga sudah bisa mendekati pusat semburan. Mereka tidak menghiraukan bau gas yang menyengat.

Sejumlah warga bahkan ada yang mengambil cairan lantung dan memasukkannya ke botol bekas minuman kemasan. Mereka memercayai lantung itu bisa untuk obat.

Secara medis memang susah dibuktikan, tetapi warga tetap saja membawa pulang cairan itu. "Anak saya sakit asam urat. Kata orang-orang, ini bisa mengobati linu-linu juga," kata Fauzi, warga Lamongan yang datang bersama istrinya.

Informasi bahwa cairan semburan bisa untuk obat yang tidak jelas sumber dan dasarnya itu membuat warga memaksa masuk. Bahkan, ada yang membawa beberapa botol bekas minuman kemasan lalu dimasukkan glangsing (karung) plastik.

"Ini bukan untuk diminum, tetapi untuk dioleskan ke bagian tubuh yang linu dan nyeri," kata Fauzi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com