Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Letusan Susulan Gunung Lokon Terus Diwaspadai

Kompas.com - 11/11/2012, 22:45 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Letusan susulan Gunung Api Lokon di Tomohon diperkirakan masih akan terus terjadi. Hal itu ditegaskan oleh Kepala Pos Pengamatan Gunung Lokon dan Mahawu, Farid Ruskanda Bina.

"Kami berharap warga tetap berhati-hati karena letusan susulan masih mungkin terjadi pascaletusan tadi siang," kata Ruskanda, Minggu (11/11/2012).

Sesuai dengan catatan alat pemantau di Pos Pemantau, energi vulkanis Lokon masih terus terekam baik melalui gempa vulkanik maupun tremor.

Warga diminta untuk menahan diri tidak beraktivitas dalam radius bahaya 2,5 km. Warga juga diminta menghindari pendakian mendekati kawah Tompaluan.

Ruskanda menjelaskan bahwa status Lokon saat ini masih siaga. Walau letusan tadi siang tidak berbahaya, pihaknya tetap menghimbau warga tetap waspada.

Sementara itu, di tempat terpisah, Danramil Tomohon Kapten Ahmad Nurdin mengatakan, pascaletusan siang tadi situasi Kota Tomohon tetap kondusif.

Pihak Koramil siap siaga jika ada peningkatan status Lokon yang memerlukan evakuasi warga.

Letusan Lokon pada pukul 13.34 Wita siang tadi mengeluarkan abu vulkanik setinggi 600 meter ke udara dan tertiup angin ke utara dan barat laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com