Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPUD Jabar Gandeng KompasTV Sukseskan Pilkada

Kompas.com - 07/11/2012, 20:11 WIB
Buyung Wijaya Kusuma,
Dedi Muhtadi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat mengandeng KompasTV untuk bekerja sama dalam pelaksanaan Pilkada Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Barat mendatang.

KompasTV akan menjadi media resmi untuk sosialisasi, terutama dalam acara pengundian nomor urut pasangan calon, debat pasangan calon, dan perhitungan suara. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatangan memorandum kesepakatan (MoU) antara Ketua KPUD, Yayat Hidayat dan Pemimpin Redaksi KompasTV, Taufik H Mihardja di kantor KPUD Jabar, Rabu (7/11/2012).

Penandatanganan juga dihadiri perwakilan dari grup Kompas Gramedia yang ada di Bandung, di antaranya Harian Kompas, Tribun Jabar, STV, Radio Sonora, dan Radio Raka.

Ketua KPUD Jawa Barat, Yayat Hidayat mengatakan, menyambut baik kerjasama dengan KompasTV karena percaya dengan kredibilitas Kompas. Bagi KPUD Jabar, kerjasama ini sangat membantu dalam mensosialisasikan tahapan Pilkada, sehingga energi yang dimiliki KPUD Jabar bisa digunakan untuk tugas-tugas lain yang menumpuk.

"Kita memiliki banyak tugas yang bertumpuk-tumpuk yang harus dikerjakan secara bersamaan. Kalau pekerjaan banyak, dikerjakan bersamaan, akan mempengaruhi kualitas. Jadi dengan bantuan KompasTV akan meningkatkan kualitas pilkada," ujar Yayat.

Menurut Yayat, pihaknya percaya bahwa KompasTV akan menjaga azas keadilan dan netralitas pilkada. Dia juga mengutarakan, bahwa pasti ada pasangan calon yang berusaha memanfaatkan kelemahan penyelenggaran pilkada untuk merusak rasa keadilan dan netralitas.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi KompasTV Taufik H Mihardja mengatakan, KompasTV menganggap kerjasama dengan KPUD dalam penyelenggaraan Pilkada adalah tugas yang besar dan berat sehingga KompasTV tidak akan main-main dalam mensukseskan acara tersebut. Apalagi menurut Taufik, Pilkada tersebut menyangkut nasib sekian juta penduduk di Jawa Barat.

"Jadi kami sudah menyiapkan tim untuk bekerja secara profesional. Pokoknya tidak ada pilihan lain, selain sukses untuk membuat acara yang bermanfaat bagi rakyat Jabar," ujar Taufik.

Taufik menambahkan, Grup Kompas Gramedia memang memiliki komitmen terhadap Jawa Barat, karena dari segi geopolitik, daerah ini menjadi zona politik yang penting di Indonesia. Oleh karena itu, penanganan terhadap kerjasama dengan Pilkada Jabar ini akan dilaksanakan secara total.

Percaya Kredibilitas Kompas

Yayat Hidayat berharap jaringan media Kompas-Gramedia terus mempertahankan kenetralannya dalam menyiarkan tahapan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat 2013. Pihaknya telah menunjuk KompasTV dan jaringan media Kompas-Gramedia sebagai mitra (media partner) untuk memublikasikan seluruh rangkaian tahapan dan program penyelenggaran Pilgub Jabar yang akan digelar 24 Februari 2013.

"Kami percaya dengan kredibilitas Kompas yang selalu jernih melihat dan membahas persoalan bangsa," ujar Yayat.

Menurut Yayat, kerja sama ini merupakan pembagian tugas dalam melaksanakan amanat rakyat. Dengan pembagian tugas ini juga nantinya sebagian energi KPU bisa dialihkan ke hal-hal yang lebih pokok. Dengan demikian pada gilirannya hal ini akan berdampak kepada kualitas hasil Pemilukada yang sangat diharapkan oleh masyarakat.

Hanya saja Yayat meminta agar media mitra selalu berhati-hati terhadap upaya pihak-pihak yang memiliki finansial lebih kuat dan berusaha memonopoli iklan. Berdasarkan pengalamannya, para politisi selalu pintar mencari celah untuk mencapai kemenangannya. Media diharapkan bisa menjaga kenetralannya sebab celah-celah ini bisa dijadikan alat bukti oleh pihak lawannya yang tidak puas saat mereka mengadu ke Mahkamah Konstitusi.

Pemimpin Redaksi KompasTV Taufik H Miharja menyatakan, jaringan media Kompas-Gramedia yang terdiri dari KompasTV, STV Bandung, Harian Tribun Jawa Barat, media online Kompas.Com-Tribun News.Com , Litbang Kompas dan Harian Kompas menyatakan siap mensukseskan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat 24 Februari 2013. Jaringan Kompas-Gramedia akan menyiarkan rangkaian tahapan Pilgub mulai dari peluncuran calon, debat kandidat, hingga melaksanakan perhitungan cepat (quick count) pada hari pemilihannya.

Dalam kaitan itu jaringan Kompas-Gramedia berkomitmen menyebarluaskan pengundian nomor urut dan launching calon Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat serta pengumuman pasangan calonnya pada Selasa, 18 Desember 2012 pukul 19.30-2200 di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Jl Tamansari Bandung.

Menurut Taufik, jaringan media Kompas-Gramedia juga berkomitmen menyiarkan secara langsung Debat Kandidat Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan berlangsung hari Kamis 14 Februari 2013 di Grha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran Bandung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com