Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2012, 00:02 WIB

KOMPAS.com - Kate Middleton boleh saja dibilang punya pengaruh besar di dunia fashion. Kebanyakan orang pasti masih ingat bagaimana ia membuat situs Reiss crash setelah mengenakan gaun Shola dari brand tersebut ketika bertemu Presiden AS Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama tahun lalu. Sepatu nude andalannya pun menginspirasi perempuan di seluruh dunia untuk memilikinya.

Namun dalam pengamatan Jane Shepherdson, Chief Executive Whistles (brand fashion yang juga kerap dikenakan Kate), The Duchess of Cambridge sebenarnya tidak memberikan pengaruh yang dapat mendongkrak penjualan dalam beberapa bulan terakhir. Padahal salah satu gaun dari Whistles yang dikenakan Kate saat penutupan Olimpiade London, lumayan menjadi pusat perhatian.

Begitu pula dengan gaun Whistles pertama yang dipakai Kate untuk foto resmi pertunangannya. "Ia memakai blus yang sebenarnya dijual dari beberapa season sebelumnya, yang tidak kami tawarkan lagi. Jadi, busana itu memang meningkatkan profilnya, tetapi tidak memengaruhi penjualannya," tutur Shepherdson.

Menurutnya, pengaruh terbesar yang diakibatkan oleh Kate adalah melalui gaun Bella sutera biru yang dipakainya di penutupan olimpiade. "Gaun sutera dengan motif print selalu memberikan kesuksesan untuk kami. Akhir pekan tersebut, gaun itu terjual habis. Namun dengan apa yang kami miliki, saya tidak bisa bilang bahwa tindakannya meningkatkan total penjualan kami yang mencapai 50 persen minggu itu, karena memang bukan dia yang menyebabkannya," tambah Shepherdson.

Dengan kata lain, belum terbukti bahwa gaun Kate lah yang meningkatkan penjualan, namun Shepherdson mengakui bahwa gaun itu telah mengangkat profil merek Whistles.

"Gaun itu menaikkan profil brand, dan itu bagus. Kami jadi lebih dikenal di negara-negara yang tidak kami kenal," katanya. Ia kembali menegaskan, gaun itu tidak akan mengubah brand ini menghasilkan kesuksesan dalam semalam karena dikenakan oleh Kate. Peran Kate hanya lah dalam "mengiklankan" gaun tersebut secara gratis. Itu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com