Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diringkus, WN Malaysia Bawa Narkoba Rp 2,3 Miliar

Kompas.com - 19/10/2012, 22:50 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Seorang kurir narkoba dari negeri jiran Malaysia, Andi Muhammad Ishak, diringkus di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Jumat (19/10/2012) sekitar pukul 18.15 WITA. Dari tangkapan tersebut, petugas menyita sabu-sabu seberat satu kilogram dan 1.000 butir ekstasi.

Kasus ini terungkap setelah Badan Narkotika Nasional (BNN) pusat Jakarta, BNN Provinsi Sulsel, Kantor Wilayah Bea dan Cukai, Direktorat Narkoba Polda Sulsel, dan Angkasa Pura II Makassar berkoordinasi dan langsung meringkus tersangka saat pesawat Air Asia AK 1316 dari bandara Kuala Lumpur, Malaysia, mendarat di bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Saat diringkus, tersangka tak bisa berkutik sebab saat tas ransel hitamnya digeledah, ditemukan narkoba jenis sabu-sabu jenis kristal satu kilogram dan seribu butir ekstasi logo kanguru yang dibungkus dengan aluminium foil dan karbon. Maksudnya ialah agar tidak terdeteksi alat pemindai yang berada di bandara.

Selain itu, petugas menyita paspor tersangka, tiket pesawat Kuala Lumpur, Malaysia - Makassar, Indonesia, dua unit handpone, mainan anak-anak untuk mengelabui petugas, laptop, serta uang tunai 158 ringgit.

Menurut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Bea dan Cukai Sulawesi Heru Pambudi, barang haram tersebut diselundupkan tersangka yang berstatus kurir ini dari Malaysia ke Makassar. Adapun nilai barang haram yang hendak diperdagangkan tersebut senilai Rp 2,3 miliar.

Direktur Narkoba Polda Sulsel Kombes Bambang Sukardi mengatakan, tersangka menjadi kurir dibayar senilai Rp 15 juta satu kali pengiriman narkoba dari Malaysia ke Indonesia. Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 112 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman penjara 20 tahun penjara dan denda Rp 3 miliar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com