Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komodo Gigit Warga

Kompas.com - 13/10/2012, 03:37 WIB

Labuan Bajo, Kompas - Seekor komodo di Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, memasuki kawasan permukiman dan menggigit Tima binti Hamso (72), warga Desa Pasir Panjang, Kecamatan Komodo, Kamis (11/10). Kadal raksasa itu menyerang Tima saat Tima mencari pakan ternak di kebun yang berjarak sekitar 50 meter dari permukiman.

Komodo dewasa seberat sekitar 50 kilogram itu dengan ganas tiba-tiba menggigit betis kanan Tima hingga kaki Tima luka robek dan mengeluarkan banyak darah. Tima diselamatkan warga setempat setelah warga mendengar teriakan nenek malang itu.

Tima langsung dilarikan ke Puskesmas Labuan Bajo menggunakan perahu motor nelayan setempat. Di perbatasan perairan Rinca-Labuan Bajo, korban dijemput perahu motor cepat milik TN Komodo dengan menempuh waktu sekitar 20 menit. ”Kondisi korban dalam keadaan baik dan masih terus kami pantau,” kata Kepala Puskesmas Labuan Bajo Maria Elisabeth, Jumat (12/10), dihubungi dari Ende, Flores.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo Sustyo Iriono mengemukakan, semua biaya perawatan dan pengobatan korban ditanggung TN Komodo. ”Korban di puskesmas mendapat perawatan memadai dan kami tetap siap jika pihak puskesmas merekomendasikan korban untuk dirujuk ke Denpasar. Kami juga sudah mendatangkan obat dari Denpasar untuk menetralkan bakteri komodo,” ujar Sustyo.

Menurut Sustyo, darah yang keluar dari kaki Tima membuat tiga komodo lain datang ke lokasi. Beruntung, petugas TN Komodo bersama warga setempat dapat menangkap empat komodo itu. Berdasarkan data Balai TN Komodo, selama 1987-2012, tercatat 17 kasus gigitan komodo di Pulau Komodo dan Rinca, dengan lima korban di antaranya meninggal. (SEM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com