Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Australia akan Hadiri Peringatan Bom Bali

Kompas.com - 10/10/2012, 15:46 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Jumat (12/10) lusa tepat 10 tahun tragedi bom Bali yang menewaskan 202 orang dan sebanyak 88 di antaranya warga Australia.

Perdana Menteri Australia, Julia Gillard, Rabu ini mengatakan, ia bertekad untuk berada di Bali guna memperingati 10 tahun tragedi itu, walau ada ancaman teror. Ketika ditanya, apakah ia khawatir bepergian ke Bali untuk peringatan pada hari Jumat itu? Gillard menjawab, "Saya ingin berada di Bali untuk peringatan 10 tahun tersebut. Sejumlah keluarga (Australia) akan pergi ke sana. Ini akan menjadi hari di mana kita menghormati dan mengenang seperti apa momen itu bagi rakyat Australia," katanya.

Pihak Indonesia, Rabu, mengeluarkan peringatan keamanan, yang mengutip "informasi yang kredibel" tentang ancaman terhadap rencana upacara hari Jumat untuk menandai peringatan pengeboman di dua klub malam di Kuta itu, yang total menewaskan 202 orang.

Menurut rencana, Gillard akan berpidato saat mengenang 88 warga Australia itu. Sejumlah korban selamat dan keluarga korban telah berangkat ke Bali dari Australia untuk memperingati peristiwa itu, yang dilakukan oleh Jemaah Islamiyah, sebuah kelompok dalam jaringan Al Qaeda.

Menteri Dalam Negeri Australia, Jason Clare, mengatakan melalui juru bicaranya bahwa Canberra menyadari risiko keamanan yang bakal terjadi. Karena itu, pihaknya bekerja sama dengan Indonesia untuk memastikan keamanan terjamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com