Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Gorontalo Prihatin Letusan Gunung Lokon

Kompas.com - 07/10/2012, 23:52 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Sejumlah warga Gorontalo, mengaku prihatin dengan bencana letusan gunung Lokon di Sulawesi Utara (Sulut), yang tidak pernah berhenti.

"Hampir setiap saat kami dengar dan lihat di TV, gunung Lokon di Tomohon selalu meletus dan mengeluarkan debu vulkanik," kata Karim, warga Limboto, Kabupaten Gorontalo, Minggu (7/10/2012).

Belum lagi ditambah dengan dua gunung aktif lainnya di Sulut, yakni Gunung Soputan (Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara) serta Gunung Karangetang (Sitaro).

Selain dampak yang membahayakan pada keselamatan manusia, juga turut mengganggu aktifitas warga.

Yamin, warga Atinggola, Gorontalo Utara, mengaku khawatir akan dampak letusan gunung Lokon itu, karena ada keluarga yang tinggal di Tomohon. "Keluarga saya sudah tinggal lama di Tomohon dan menjadi pedagang," katanya.

Dirinya selalu menelpon keluarganya ketika mendengar gunung Lokon meletus lagi dengan mengeluarkan debu vulkanik atau bahaya lainnya.

"Hanya saja keluarga saya selalu menjawab tidak ada masalah luar biasa. Kalau nantinya ada instruksi pemerintah untuk mengungsi, baru mereka melakukannya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com