Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Haji Dibunuh dan Dibuang ke Jurang

Kompas.com - 05/10/2012, 20:05 WIB
Kontributor Aceh, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com - Pasca-penemuan mayat yang diyakini Ummiyah Ali Basyah (52) warga Desa Meunasah Mamplam, Kecamatan Simpang Mamplam, Bireuen, polisi terus melakukan pengembangan dengan mengumpulkan berbagai bukti dan saksi. Termasuk memeriksa seluruh keluarga korban yang mengaku mayat tersebut merupakan anggota keluarganya yang pernah diberitakan hilang beberapa waktu lalu.

Jasad Ummiyah ditemukan Rabu (3/10/2012) malam, dalam jurang sedalam 15 meter di kawasan jalan nasional Bireuen-Tekangon, Km 24 Desa Krueng Simpo, Kecamatan Juli, Bireuen. Kondisi jasad mulai membusuk dan diperkirakan sudah meninggal empat hari lalu.

Kapolres Bireuen AKBP Yuri Karsono SIK yang dikonfirmasi Jumat (5/10/2012), mengatakan, dugaan sementara Ummiyah merupakan korban pembunuhan, namun motifnya belum diketahui. Kendati disebut-sebut korban saat pergi membawa uang dan sejumlah perhiasan, namun pihak kepolisian masih terus mengumpulkan bukti-bukti baru untuk penyelidikan.

“Saat ini bukti yang dikantongi terbilang minim, dari pihak medis kita juga belum mendapat keterangan lebih lanjut. Begitupun pengembangan kasus ini terus kita selidiki dari keterangan saksi maupun bukti yang ada di tempat kejadian perkara (TKP),” ujar kapolres yang menepis dugaan pembunuhan ini berkaitan dengan maraknya aksi percobaan penculikan di Kabupaten Bireuen saat ini.

Keterangan yang dihimpun Kompas.com menyebutkan, mayat kali pertama ditemukan Mukhlis (70), yang berprofesi sebagai pencari kayu. Setelah diberitahukan kepada warga, selanjutnya masyarakat bersama anggota TNI, Polri, dan tim relawan kemanusiaan dari RAPI serta PMI Cabang Bireuen turun ke lokasi jurang mengangkat jasad itu, untuk selanjutnya dievakuasi ke RSUD dr Fauziah Bireuen.

Anggota keluarga korban, Husaini mengatakan, ibunya memang sudah 15 hari menghilang dari rumah. “Awalnya meminta izin untuk ke rumah sakit, tapi tidak jelas rumah sakit atau puskesmas yang dimaksud,” sebutnya.

Pihak keluarga terus mengupayakan mencari korban hingga ditemukan tewas secara tragis. Mirisnya, korban Ummiyah merupakan calon jamaah haji pada 2013 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com