Kompas.com - 05/10/2012, 02:10 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Kepala Kantor SAR (Search and Rescue) Lampung, Saidar R Jaya menyatakan, kemungkinan besar bangkai KM Bahuga Jaya yang tenggelam di perairan Selat Sunda tak akan diangkat kepermukaan. Alasannya, pengangkatan bangkai kapal dinilai tidak efektif dan efisien.

"Kami belum tahu tindakan selanjutnya, tapi untuk mengangkat bangkai kapal itu dinilai sudah tidak efisien lagi," kata dia, saat dihubungi di Bandarlampung, Kamis (4/10/2012).

Saidar mengatakan, pengangkatan bangkai kapal pun sangat sulit dilakukan, mengingat kapal karam di kedalaman 76 meter dengan arus bawah laut yang sangat deras. Kemudian, sekalipun dapat dilakukan, biaya operasional untuk mengangkat kapal ke permukaan akan sangat mahal.

"Kondisi ini sudah di luar jangkauan Tim SAR dan telah menjadi kewenangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi," ujar Saidar lagi.

Tim SAR sementara ini masih menyisakan beberapa personel di Pelabuhan Bakauheni, untuk melakukan penyisiran serta memantau bila ada korban meninggal yang terapung di laut. "Personel Basarnas dibantu Brigif-3 Marinir Piabung Lampung masih bertahan di Bakauheni," kata dia lagi.

Diperkirakan masih terdapat korban di dalam kapal yang tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal tanker Singapura di Selat Sunda itu. Wacana pengangkatan kapal ke permukaan pun muncul terkait upaya pencarian korban-korban tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.