Kompas.com - 04/10/2012, 10:41 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengungkapkan, maraknya aksi tawuran antarpelajar di Ibu Kota, tidak bisa diselesaikan secara sepihak. Harus ada kerja sama dengan semua unsur, mulai dari pemerintah hingga unsur di instansi pendidikan itu sendiri.

"Pemerintah harus bermitra dengan siapa saja. Tidak mungkin bekerja sendiri, itu seperti bertepuk sebelah tangan, bisa nggak?" ujar Fauzi di hadapan 200 pelajar dari 18 sekolah di Jakarta, dalam acara Deklarasi Sekolah Damai, Kamis (4/10/2012) pagi.

Pria yang akrab disapa Foke itu mengatakan, pemerintah hanya menciptakan suasana damai dengan memberdayakan komunitas yang ada. Misalnya melalui grup diskusi dan sebagainya. Sementara, urusan kondisi yang ada di dalam sekolah, pemerintah tidak bisa campur tangan.

"Seperti di sekolah ini, tidak ada orang yang lebih paham urusan labschool selain mereka yang braktivitas di sini. Adalah tidak tepat Gubernur DKI campur tangan," katanya.

Pria yang akan mengakhiri jabatannya sebagai Gubernur DKI beberapa hari kedepan itu yakin, apabila semua unsur melakukan tugasnya dengan baik, situasi aman, damai dan nyaman bagi aktivitas pendidikan pun mudah dicapai.

Sebelumnya, Foke menghadiri deklarasi sekolah damai yang diikuti 200 pelajar dari 18 sekolah di Jakarta. Acara deklarasi tersebut dilakukan di Auditorium Badan Pengelola Sekolah (BPS) Labschool-Yayasan Pendidikan Universitas Jakarta (YP UNJ), Rawamangun, Jakarta Timur. Acara deklarasi tersebut merupakan inisiatif yang dilakukan oleh BPS Labschool-YP UNJ. Deklarasi tersebut berisi komitmen pada unsur-unsur di institusi pendidikan untuk menjaga kedamaian dan menjunjung tinggi toleransi.

Berita terkait dapat diikuti di topik : TAWURAN BERDARAH

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.