Kompas.com - 03/10/2012, 18:47 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Kedua nakhoda dari KMP Bahuga Jaya dan kapal tangker asal Singapura Norgas Cathinka merupakan pihak yang paling bertanggung-jawab menyusul kecelakaan kedua kapal ini.

Kedua nahkoda ini bisa dipidanakan dalam kecelakaan yang mengakibatkan tujuh orang tewas itu. Kasus ini kini tengah ditangani pihak kepolisian.

"Dalam penyelidikan kecelakaan laut yang melibatkan dua kapal Bahuga Jaya dan Norgas Cathinka, kami berpegangan pada UU Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Di dalam Pasal 249 UU ini disebutkan bahwa kecelakaan kapal merupakan tanggung jawab dari nakhoda, kecuali dapat dibuktikan lain," papar Kepala Bidang Humas Polda Lampung Ajun Komisaris Besar Pol. Sulistyaningsih, Rabu (3/10/2012).

Meskipun demikian, hingga kini, polisi belum menahan dan menetapkan satu pun tersangka dalam kasus kecelakaan kapal itu. "Kami masih mendalaminya. Kehati-hatian sangat diperlukan dalam kasus ini," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.