Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Belum Bisa Simpulkan Penyebab Kecelakaan

Kompas.com - 28/09/2012, 09:46 WIB
Rini Kustiasih

Penulis

CILEGON, KOMPAS.com- Pemerintah belum bisa menyimpulkan penyebab tabrakan antara KMP Bahuga Jaya dan MT Norgas Cathinka, Rabu lalu. Evakuasi terhadap korban terus diupayakan, Jumat (28/9/2012).

Dari pantauan Kompas di Pos Tanggap Darurat Pelabuhan Merak, petugas belum menerima laporan terbaru soal korban meninggal atau selamat dari tim evakuasi. Pada Kamis pagi hingga petang kemarin, penyelamatan terkendala kedalaman perairan dan arus laut yang kuat.

Juru bicara Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, untuk penyelesaian masalah administratif perizinan kedua kapal, akan ditempuh mekanisme peradilan di Mahkamah Pelayaran. "Makahkamah itulah nanti yang menentukan perlu tidaknya sertifikat keahlian pelaut dicabut," katanya.

Dalam hukum nasional dan internasional, ada hukum yang mengatur manuver dan olah gerak kapal. Hal itu untuk mencegah terjadinya tabrakan antarkapal. "Namun, karena ini menyangkut nahkoda asing, Mahkamah Pelayaran tidak bisa mencabut sertifikat keahlian nahkoda bersangkutan. Mahkamah Pelayaran hanya akan mengeluarkan rekomendasi kepada negara tempat sertifikat pelaut itu diterbitkan," kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com