Kompas.com - 21/09/2012, 21:29 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Graha Rani Putra Persada adalah satu dari sekian pihak yang gembira dengan keputusan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi untuk menurunkan status Gunung Tangkubanparahu dari waspada kembali menjadi normal. Ini berarti mereka bisa membuka kembali Taman Wisata Alam Tangkubanparahu yang sempat berhenti operasi sejak tanggal 3 September 2012.

Demikian penuturan Direktur Utama PT GRPP, Putra Kaban, yang dihubungi Jumat (21/9/2012).

Pihaknya belum menerima langsung pengumuman resmi tersebut meski bisa dimaklumi karena keputusan PVMBG baru dirilis melalui situs resmi mereka pukul 17.00 lalu.

"Ini kabar yang membahagiakan. Sudah terlalu lama 1.080 pedagang yang menggantungkan nasibnya ke Tangkubanparahu tidak jelas nasibnya," kata Kaban.

Dia menerangkan, 1.080 pedagang juga menjadi gantungan hidup bagi keluarga di rumah. Bila satu keluarga ada empat anggota, berarti ada lebih dari 4.000 jiwa yang nasibnya bergantung pada Tangkubanparahu. Ini belum termasuk 2.000 lebih produsen oleh-oleh yang dijajakan para penjual yang juga berhenti beroperasi akibat penutupan TWA Tangkubanparahu.

Kaban menambahkan, belum lagi sektor lain yang tidak berhubungan langsung seperti restoran atau pasar sekitar obyek wisata. Dia menerima banyak keluhan dari restoran akibat penurunan jumlah tamu gara-gara penutupan TWA Tangkubanparahu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.