Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Kecamatan di Kabupaten Tangerang Kekeringan

Kompas.com - 05/09/2012, 20:26 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com — Kemarau panjang mengakibatkan kekeringan di 11 dari 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang, Banten. Sebelas wilayah itu merupakan daerah pesisir utara, yakni Sepatan, Mauk, Pakuaji, Sukadiri, Kemiri, Teluk Naga, Gunung Kaler, Kresek, Kronjo, Sukamulya, dan Kosambi.

"Wilayah-wilayah ini rawan kekeringan setiap kali musim kemarau. Kemarau yang panjang ini mengakibatkan kawasan-kawasan itu sudah kering kerontang. Saat ini sudah kering sekali," kata Kepala Seksi Pembangunan Perencanaan Pengairan Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Kabupaten Tangerang Suwardi kepada wartawan, Rabu (5/9/2012).

Suwardi mengatakan, kekeringan di wilayah pesisir utara Tangerang itu sudah terjadi sejak dua bulan terakhir. "Ini terjadi selain tidak ada curah hujan selama beberapa bulan terakhir, volume air Sungai Cisadane sebagai sumber air irigasi menyusut," papar Suwardi.

Akibat penyusutan itu, kata Suwardi, aliran irigasi menjadi kering. Sawah dan ladang menjadi kering. Warga tidak bisa memanfaatkan air itu untuk mandi, cuci, dan kakus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com