Kompas.com - 05/09/2012, 15:59 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BANDUNG, KOMPAS.com- Pos pengamatan Gunung Tangkubanparahu mencatat setidaknya delapan kali gempa berlangsung pada hari Rabu (5/9/2012) dari tengah malam hingga pukul 6.00. Sehari sebelumnya, sepanjang hari berlangsung 19 kali gempa.

"Untuk sementara, keadaan bisa dibilang landai," kata Petugas Pemantau Gunung Tangkubanparahu, Ilham Mardikayanta, Rabu (5/9/2012).

Demikian hasil seismograf dari Pos Pengamatan Gunung Tangkubanparahu. Delapan gempa vulkanik dangkal berdurasi 4-12 detik dengan amplitudo 2-6 milimeter. Satu gempa tektonik jauh berlangsung selama 134 detik dengan sumber yang tidak bisa dipastikan.

Hasil pengukuran terhadap suhu tanah di sekitar Kawah Ratu menunjukkan angka 32,10 derajat celcius dan relatif tidak berubah.

Menurut Ilham, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi tetap pada rekomendasi semula, yakni meminta areal 1,5 kilometer di sekitar Kawah Ratu untuk dijauhi.

Hingga hari ini, Taman Wisata Alam Tangkubanparahu masih ditutup sementara. Penutupan ini sudah berlangsung sejak konsentrasi gas sulfur dioksida meningkat dari Kawah Ratu sejak Senin lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.