Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Selular Jadi Kendala di Sail Morotai?

Kompas.com - 03/09/2012, 10:26 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Jaringan telekomunikasi di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara menjelang pelaksanaan Sail Morotai dikhawatirkan masih menjadi kendala. Pasalnya, akses jaringan telekomunikasi seluler di Morotai masih kerap dikeluhkan pengguna telepon genggam.

Namun pada saat Sail Morotai beberapa pekan ke depan, jaringan telekomunikasi tersebut sepertinya tidakakan menjadi masalah. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Maluku Utara, Taufik Madjid saat kunjungan Menkokesra Agung Laksono, Menteri KKP Syarif C Sutardjo dan Menpera Djan Faridz di Morotai, Minggu (2/9/2012) kemarin.

Taufik menyampaikan, tiga hari lalu tim teknis dari Kementerian Perhubungan Dirjen Pengelola Media Publik sudah melakukan survei di Morotai, terkait kesiapan jaringan telekomunikasi saat Sail Morotai. "Mereka janjikan pada saat Sail nanti tidak ada masalah, karena nanti ada penambahan kapasitas," ujar Taufik.

Taufik menjelaskan, ada beberapa titik yang sudah disurvei untuk dilakukan penambahan repeater dan penguatan signal. Di antaranya Bandara Pitu Morotai, lokasi pembangunan Monumen Trikora, lokasi pelaksanaan Sail Morotai di desa Juanga, Pelabuhan Iman Lastori Daruba dan lokasi Cotage Jababeka di Tanjung Dehegila.

"Bisa saja mereka tambah repeater atau penguatan signal. Tergantung secara teknis mereka tambahkan apa. Yang jelas ini dalam rangka mengantisipasi jaringan telekomunikasi saat Sail Morotai," kata Taufik.

Taufik menambahkan, tim teknis tersebut bahkan menjanjikan pada saat Sail Morotai nanti, mulai dari Bandara Pitu Morotai hingga penginapan terapung di laut tidak bakal mengeluhkan soal jaringan telekomunikasi. "Sampai orang yang meningap di kapal pun tidak mengeluh. Karena penambahan alat ini bukan hanya untuk jaringan saja, tapi juga untuk persiapan siaran langsung televisi," tambahnya.

Di Morotai saat ini masih sering terjadi gangguan signal seluler. Hanya ada satu provider telekomunikasi yang dipersiapkan. Itu pun sering terjadi gangguan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com