Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Persiapan Sail Morotai Belum Tuntas

Kompas.com - 03/09/2012, 07:11 WIB

Morotai, Kompas - Persiapan Kabupaten Morotai, Provinsi Maluku Utara, menjelang perayaan puncak Sail Morotai pada 15 September 2012 masih terkendala. Sejumlah sarana belum optimal disiapkan untuk menunjang ajang pesta bahari itu, terutama fasilitas penginapan dan listrik.

Peninjauan kesiapan acara puncak Sail Morotai dilakukan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo di Kabupaten Morotai, Minggu (2/9).

Hingga 13 hari menjelang puncak perayaan bahari itu, pembangunan masih digenjot. Gedung aula dan plaza pelataran untuk perayaan puncak Sail Morotai sudah selesai dibangun, juga proyek perbaikan jalan dari pangkalan udara TNI AU Leo Matimena ke lokasi acara. Meski demikian, beberapa proyek pembangunan rumah penginapan dan rumah khusus belum tuntas.

Berdasarkan pantauan Kompas, lima rumah khusus untuk penginapan yang dibangun pada kawasan tempat penyelenggaraan puncak Sail Morotai belum selesai dibangun. Dua bangunan di antaranya bahkan masih tahap pembangunan rangka. Pembangunan rumah khusus senilai Rp 60 juta per unit itu dijadwalkan tuntas sebelum puncak acara Sail Morotai.

Sementara itu, pembangunan lima rumah khusus untuk pemerintah daerah juga masih sebatas rangka bangunan. Rumah itu semula direncanakan menjadi proyek percontohan rumah sangat murah seharga Rp 25 juta per unit untuk pegawai negeri sipil.

Djan Faridz menyatakan akan mendatangkan 49 tenaga kerja dari Malang, Jawa Timur, untuk mempercepat proyek rumah khusus tersebut. Pihaknya juga telah meminta bantuan komandan korem setempat untuk menerjunkan personel guna membantu pembangunan rumah khusus.

PT Jababeka yang sedang menggarap pembangunan resor penginapan untuk keperluan penginapan pada Sail Morotai juga masih dalam tahap penyelesaian. Hingga kini, baru lima unit resor dari total 25 unit yang direncanakan. Penyelesaian proyek itu ditargetkan tuntas pada 8-10 September 2012.

Menanggapi itu, Gubernur Maluku Utara Thaib Armayn menyatakan, persiapan Sail Morotai sudah tidak ada masalah. Sarana penginapan sudah tersedia dan sebagian yang masih dibangun diyakini tuntas sebelum acara puncak. Pihaknya telah menyiapkan rumah penduduk sebanyak 400 unit untuk mendukung penginapan. (LKT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com