Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penginapan di Morotai Belum Memadai

Kompas.com - 02/09/2012, 21:11 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Tiga belas hari menjelang penyelenggaraan acara puncak Sail Morotai, 15 September 2012, di Kabupaten Morotai, Maluku Utara, pembangunan sarana penginapan belum memadai.

Peninjauan persiapan pelaksanaan Sail Morotai 2012 dilakukan  Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif Cicip Sutardjo, di Morotai, Minggu (2/9/2012).

Menurut pantauan Kompas, sarana penginapan masih belum memadai. Padahal, jumlah tamu undangan untuk pesta bahari itu diperkirakan mencapai 5.000 orang.

Lima unit rumah khusus untuk penginapan yang dibangun di kawasan tempat penyelenggaraan puncak Sail Morotai, belum selesai dibangun. Dua bangunan di antaranya bahkan masih tahap pembangunan rangka.

Demikian pula,pembangunan lima unit rumah khusus untuk pemerintah daerah juga masih sebatas rangka bangunan. Rumah itu semula direncanakan menjadi proyek percontohan rumah sangat murah seharga Rp 25 juta per unit, untuk pegawai negeri sipil.

Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, menyatakan, akan mendatangkan 49 tenaga kerja dari Malang, Jawa Timur, untuk mempercepat pengerjaan proyek rumah khusus tersebut. Pihaknya juga telah meminta bantuan Komando Resor Militer 152/Babullah untuk menerjunkan personel, guna membantu pembangunan rumah khusus.

"Kami siap membantu. Tetapi, TNI bukan tukang," ujar Komandan Komando Resor Militer 152/Babullah Kolonel (Inf) Kosasih Azis.

Gubernur Maluku Utara Thaib Armaiyn menyatakan, untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, pihaknya telah menyiapkan rumah penduduk sebanyak 400 unit untuk mendukung fasilitas penginapan.

Pemerintah mengalokasikan dana Rp 20 juta-Rp 25 juta per unit, untuk perbaikan rumah yang dijadikan penginapan.

Sail Morotai merupakan bagian dari agenda rutin tahunan Sail Indonesia yang bertujuan mengangkat potensi bahari. Sebelumnya, digelar Sail Wakatobi-Belitong tahun 2011, dan Sail Banda tahun 2010.

Alokasi APBN untuk kegiatan operasional Sail Morotai 2012 adalah Rp 89 miliar. Dana itu belum termasuk anggaran setiap kementerian, untuk mendukung pelaksanaan Sail Morotai. Ajang pesta bahari itu melibatkan 15 kementerian dan instansi pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com