Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Orangutan Mati di Kalbar Sejak Juni

Kompas.com - 02/09/2012, 12:29 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Dua orangutan mati di Kalimantan Barat sejak akhir Juni lalu. Kejadian itu harus menjadi perhatian bersama agar tak terulang di kemudian hari.

Orangutan pertama mati pada akhir Juni lalu, setelah menjalani perawatan di International Animal Rescue (IAR) Ketapang. Sebelumnya, orangutan diserahkan oleh pemeliharanya di Kabupaten Sambas kepada petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalbar dalam kondisi sekarat, setelah mengalami demam dan diare beberapa hari.

Orangutan kedua mati pada Rabu malam lalu karena dehidrasi, kekurangan oksigen, dan stres. Orangutan ini sebelumnya masuk ke kebun penduduk di Wajok Hilir, Kabupaten Pontianak, dan mengalami luka bakar saat proses evakuasi.

Manajer Program World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia Kalbar, Hermayani Putera, Minggu (2/9/2012) ini mengatakan, kematian dua orangutan dalam waktu dua bulan itu harus menjadi pelajaran.

"Ke depan, hal seperti itu jangan sampai terulang lagi. Harus ada upaya lebih untuk melakukan konservasi orangtuan dan menanganinya jika terjadi sesuatu," kata Hermayani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com